Sabtu, 31 Okt 2020 | WIB

Nadiem: Aspek Kebudayaan Indonesia Ada Pengaruh Dari Tiongkok

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 06 Februari 2020, 22:35 WIB
MCMNEWS.ID | Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menghadiri perayaan Imlek di Gedung Kemendikbud.Kamis (6/2).

MCMNEWS.ID –  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan eratnya sejarah hubungan Indonesia dan Tiongkok sehingga hampir seluruh aspek kebudayaan Nasional ada pengaruh dari negara Tiongkok.

“Dari seluruh aspek kebudayaan kita, hampir tidak ada yang tidak ada pengaruh dari warga dan budaya Tiongkok. Mulai dari makanan kita. Dari mie, makanan, jajanan sampai baju-baju kita,”  katanya pada Perayaan Imlek 2571/2020 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang turut dihadiri oleh sekitar ratusan warga keturunan Tionghoa dan Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakini) Budi Santoso di Jakarta, Kamis (6/2).

Menurut dia, keberagaman dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika sangat penting. Karena itu, dia mengajak seluruh jajaran di lingkungan Kemendikbud menjadikan perayaan Imlek sebagai perekat keberagaman.

“Keberagaman ini sebagai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan Kemendikbud sangat kuat,” ungkap mantan CEO Gojek ini.

Dia menyebutkan, perayaan Imlek dapat dirasakan oleh setiap masyarakat. Selain itu, Nadiem berharap seluruh masyarakat dapat merasakan perayaan setiap libur nasional.

“Kemendikbud ingin meyakinkan masyarakat bahwa setiap kali kita merayakan hari libur nasional dari berbagai macam agama, suku dan tradisi masing-masing itu bukan hanya untuk dirayakan bagi suku dan agama tersebut,” ujarnya.

back-to-top