Detail

Momen Prabowo dan Megawati Saling Berdampingan, Resmikan Patung Presiden Soekarno

Minggu, 6 Juni, 2021, 17:00 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID   –   Peresmian patung presiden ke-1 RI Sukarno di gedung Kementerian Pertahanan (Kemhan) dihadiri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, pada Minggu 6 Juni 2021.

Momen keakraban presiden kelima RI Megawati dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terekam dalam peresmian patung Bung Karno di halaman Kemenhan. Peresmian ini bertepatan dengan peringatan kelahiran Bung Karno ke 120 tahun.

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto menceritakan pendirian patung Bung Karno yang menunggangi kuda itu merupakan pengingat momentum pertama kali Indonesia menunjukan pada dunia internasional telah memiliki angkatan bersenjata.

“Patung ini adalah ketika Presiden Sukarno sebagai panglima tertinggi kita yang pertama pada hari Angkatan Perang pertama yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta menjadi inspektur upacara,” jelas Prabowo dalam pidatonya.

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri ikut meresmikan patung Proklamator Sukarno sedang menunggang di atas kuda, yang terinspirasi dari peristiwa ketika panglima tertinggi pertama angkatan perang republik tersebut menginspeksi pasukan dalam acara peringatan hari ulang tahun pertama tahun 1946.

Patung Sukarno di atas kuda itu terletak di halaman depan kompleks kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. 

Peresmian dilakukan dimana Megawati hadir bersama anggota keluarganya, yakni putranya Prananda Prabowo bersama istri Nancy Prananda. Hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Sementara jajaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) dipimpin langsung oleh Menhan Prabowo Subianto. Sejumlah pejabat negara ikut hadir. Diantaranya adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Kepala BIN Budi Gunawan, serta para wakil kepala staf angkatan.

Sebelum peresmian, Menhan Prabowo menjelaskan bahwa Bung Karno bukan saja presiden Indonesia pertama, namun juga proklamator kemerdekaan sekaligus penggagas ideologi yang persatukan bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pehlawannya,” ujar Prabowo, di dalam acara yang dilaksanakan secara virtual itu, Minggu (6/6/2021).

Menurutnya, sepantasnya saat ini generasi penerus mengenang jasa Bung Karno.

“Ini bukan bagian dari kultus individu, bukan memuja-muja sejarah masa lalu, tapi ini adalah pewarisan nilai-nilai kebangsaan. Generasi muda harus mengerti dan sadar darimana kita berasal, kita tak serta merta mendapat hadiah kemerdekaan, namun kemerdekaan itu direbut dengan darah, keringat, dan air mata,” kata Prabowo.

Usai Prabowo memberikan pidato, Megawati dipersilahkan memberikan sambutan, sembari didampingi sang putra, Prananda dan Prabowo yang nampak berdiri di belakang Ketua Umum PDIP itu.

Dalam kesempatan tersebut, Megawati pun menyampaikan terima kasihnya pada Menhan Prabowo Subianto dan berbagai pihak.

“Terima kasih dan penghormatan secara khusus pada Bapak Prabowo, Menteri Pertahanan Republik Indonesia atas peresmian patung Bung Karno ini. Kebetulan peresmian patung Bung Karno bertepatan pada peringatan kelahiran beliau ke 120 tahun. Jadi sungguh menurut kami keluarga sangat istimewa,” ungkap Megawati.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Bung Karno saya mengucapkan terimakasih dan penghormatan secara khusus kepada bapak Prabowo Menteri Pertahanan RI dan sekaligus sahabat saya atas peresmian Bung Karno ini,” kata Megawati saat sambutan yang disiarkan secara siaran virtual, Ahad (6/6).

“Kebetulan, peresmian Patung Bung Karno bertepatan pada peringatan hari kelahiran beliau yang ke 120 tahun. Jadi sungguh menurut kami keluarga, sangat istimewa,” kata Megawati.

Setelah menyampaikan pernyataannya, Megawati menandatangani dokumen peresmian dan bersama Prabowo menekan tombol peresmian patung Bung Karno tersebut.