Detail

Mendagri: Keberhasilan Penanganan Covid-19 di Tangsel Akan Mempengaruhi Wilayah Sekitar

Selasa, 27 Juli, 2021, 17:00 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian, menyebut, keberhasilan penanganan Covid-19 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan berpengaruh terhadap wilayah sekeliling Tangsel.

Hal itu dikatakan Tito dalam press confrence seusai melakukan Rapat Koordinasi dengan Walikota Tangsel dan Forkopimda di Balaikota, Selasa, (27/7/2021).

Bukan tanpa sebab, Tito menyebut, hal itu lantaran Kota Tangsel merupakan kota satelit ibukota Jakarta yang dinilai strategis.

“Kota Tangsel merupakan kota satelit untuk Ibukota, pusat politik dan pusat ekonomi Jakarta, apa yang terjadi di Tangsel bisa berpengaruh di Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Depok dan Kabupaten Bogor,” kata Tito Karnavian.

“Karena bagian dari algomerasi, jadi keberhasilan penangan di sini (Tangsel, red) akan mempengaruhi sekitarnya,” lanjut Tito.

Kendati demikian, Tito berharap tetap ada kerjasama yang baik antara Jakarta dengan kota-kota satelit dalam penanganan penyebaran virus Covid-19.

“Oleh karena itu kita ingin agar ada keserempakan semua. Baik di Jakarta maupun daerah sekitarnya, seperti Depok, Tangerang maupun Bekasi. semuanya bisa dikendalikan, itu harapan kita,” tuturnya.

Meski angka positif Covid-19 di Kota Tangsel mengalami fluktuatif, Tito berharap Pemkot Tangsel mewaspadai kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) yang masih diatas 60 persen.

Menurutnya, kapasitas BOR yang masih diatas 60 persen, terdapat potensi masyarakat kesulitan untuk mendapatkan tempat perawatan.

“Oleh karena itu perlu dilakukan penambahan untuk Bed Covid, baik di rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta yang dikonversi untuk Tempat perawatan covid,” terangnya.

Mantan Kapolri itupun menyarankan Pemkot Tangsel untuk memperbanyak tempat isolasi mandiri terpusat, baik ditingkat Kota maupun ditingkat Kelurahan.

“Kedua memperbanyak tempat isolasi mandiri terpusat di tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan sampai situ. Syukur kalau bisa sampai ke tingkat kampung,” harapnya.

“Jadi bagi masyarakat yang positif belum berat, bisa dirawat disana (tempat isolasi mandiri, red), tidak langsung masuk ke tempat perawatan covid, perawatan covid (hanya) untuk mereka yang sudah 6 hari mungkin gejalanya tidak turun-turun,” tandasnya.