Detail

Memasuki Bulan Ramadhan, Kemenkes Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Senin, 12 April, 2021, 21:50 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, meminta masyarakat tetap taat dalam menjalankan Protokoler Kesehatan selama Bulan Ramadhan.

“Harapan kami masyarakat Muslim maupun non Muslim tetap menjalankan protokol kesehatan,” Kata Nadia saat konferensi virtual, Senin (12/4/2021).

Nadia melanjutkan, Artinya ini termasuk umat Muslim yang akan melakukan ibadah ramadhan tetap menjalankan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Kemudian Nadia berkata, bahwa Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan surat edaran Menteri Agama nomor 03/2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H. Bahkan Kemenkes juga memiliki pedoman prokes penerapannya di tempat ibadah.

Dalam Pedoman Prokes tersebut, Nadia menjelaskan apa saja yang harus diterapkan pada saat menjalankan Ibadah di dalam Masjid.

“Protokol kesehatan tersebut di antaranya semua jamaah di masjid memakai masker, menjaga jarak antarjamaah 1 meter, kemudian membatasi kapasitas ruangan maksimal 50 persen, serta harus memastikan para jamaah mencuci tangan,” Jelasnya.

Oleh karena itu, Nadia berharap masjid dapat menyediakan fasilitas cuci tangan termasuk menyediakan masker khususnya untuk jamaah yang tidak membawa masker.

“Pastikan protokol kesehatan ini diterapkan bersama demi menjaga keselamatan kita bersama. Pastikan pemeriksaan suhu juga dilakukan saat jamaah akan melakukan ibadah tarawih dan tadarusan di masjid,” Tandasnya.

Laporan: Irfan Kurniawan