Detail

Kemenkes Sebut Kasus Covid-19 Nasional Turun 18%

Sunday, 15 August, 2021, 12:58 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengakui adanya keterlambatan data pelaporan kasus konfirmasi, sembuh maupun meninggal Covid-19, dalam dua bulan terakhir.

Nadia mengatakan saat ini masih terdapat lebih dari 50 ribu kasus yang belum terupdate secara status akhirnya.

“Kemenkes pun mendukung upaya pemerintah daerah untuk menyelesaikan updating kasus dalam waktu yang singkat, agar sesegera mungkin kita dapat menyajikan data yang lebih akurat dan tepat waktu,” ujar Nadia dalam keterangannya, ditulis Minggu (15/8/2021).

Nadia mengungkapkan, angka kematian tidaklah dihilangkan dari laporan harian yang disampaikan kepada publik setiap harinya. Komponen angka kematian masih dalam perbaikan untuk dapat menentukan level PPKM lebih tepat.

Nadia menyampaikan minggu ini kasus konfirmasi nasional mengalami penurunan sebesar 18 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Penurunan kasus paling signifikan terjadi di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Penurunan kasus signifikan terutama terjadi di DKI Jakarta dan Jawa Barat yang sangat mempengaruhi tren penambahan kasus secara nasional,” ujarnya.

Kendati begitu, Kemenkes juga mencatat sejumlah provinsi yang justru mengalami peningkatan kasus hingga lebih dari 20 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Yakni di NTT, Sulawesi Tengah, Aceh, Gorontalo, dan Bangka Belitung.