Minggu, 20 Sep 2020 | WIB

Kasus Klaim Obat Covid – 19, Hadi Pranoto dan Anji Naik Tahap Penyidikan

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 06 Agustus 2020, 18:45 WIB

MCMNEWS.ID  –  Terkait perbincangannya dalam sebuah video yang diposting di channel YouTube, Youtuber dan Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dan Profesor Hadi Pranoto dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Keduanya dianggap menyebarkan berita bohong.

Kasus klaim obat herbal Covid-19 yang dilakukan Hadi Pranoto dalam wawancara di kanal Youtuber milik musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji memasuki babak baru.

Polisi kini telah meningkatkan status kasus dugaan berita hoaks yang melibatkan kedua orang itu dari tahap pennyelidikan naik ke penyidikan.

“Perkara ini ditingkatkan dari penyelidikan naik ke penyidikan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Kamis (6/8/2020).

Yusri mengatakan, peningkatan status kasus tersebut dilakukan seusai penyidik memeriksa keterangan saksi dan pelapor dalam gelar perkara yang dilaksanakan pagi tadi. 

“Bukti-bukti yang ada dan hasil keterangan-keterangan saksi baik itu pelapor. Setelah itu kita lakukan gelar perkara tadi pagi ya, pagi tadi kita lakukan gelar perkara dan memang sudah memenuhi persangkaan ya di pasal 28 juncto pasal 45 A di UU ITE kemudian perkara ini ditingkatkan dari penyelidikan naik ke penyidikan,” ungkapnya.

Yusri mengatakan, dalam waktu dekat akan segara melakukan pemanggilan terhadap pemilik channel YouTube Duniamanji yakni Anji dan juga narasumbernya Hadi Pranoto.

back-to-top