Detail

Kabar SPBU Ditutup Hingga 17 Juli Tersebar di Media Sosial, Pertamina: Hoax

Minggu, 11 Juli, 2021, 11:45 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID  –   Beredar kabar di berbagai media sosial bahwa pom bensin atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan tutup sementara selama lima hari, terhitung 12-17 Juli 2021.

Di mana kabar tersebut beredar melalui poster yang menyebutkan jika penutupan SPBU sementara itu sebagai upaya untuk menghormati program PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

“Pengumuman! Penutupan SPBU sementara 12-17 Juli 2021. Sebagai komitmen Pertamina dalam mendukung program pemerintah. Dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” bunyi narasi yang beredar di berbagai media sosial.

PT Pertamina (Persero) membantah kabar tersebut mengenai stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) ditutup sementara dari 12-17 Juli 2021. Hal itu dikonfirmasi perusahaan pelat merah tersebut melalui akun media sosialnya.

Pertamina menegaskan SPBU beroperasi selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Perseroan mengimbau masyarakat selalu mengecek berita yang tidak jelas sumbernya.

“Hati-hati terhadap segala bentuk hoaks maupun penipuan yang mengatasnamakan Pertamina ya. Selalu waspada dan jangan lupa selalu cek dan ricek terhadap setiap informasi yang kita dapatkan,” tulis @pertamina, Jumat, 9 Juli 2021.

Dalam unggahannya, Pertamina melabeli ‘HOAX pengumuman yang menyebut SPBU tutup. Pengumuman tertulis ‘Penutupan SPBU Sementara 12-17 Juli’. Pengumuman menyebut upaya itu sebagai langkah mendukung pemerintah memutus penyebaran covid-19.

Dipastikan, seluruh SPBU tetap aktif melayani konsumen di masa PPKM Darurat Jawa Bali 2021.

“Selalu waspada dan jangan lupa selalu cek dan ricek terhadap setiap informasi yang kita dapatkan,” tutup cuitan @pertamina tersebut.

Sebagai tambahan informasi, konsumen bisa langsung menghubungi nomor Call Center Pertamina di 135.