Detail

Jokowi Terima Suntikan Pertama di Lengan Kiri Vaksin Covid-19 Sinovac

Wednesday, 13 January, 2021, 13:36 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan pertama vaksin virus corona (SARS-CoV-2), pada Rabu (13/1). Penyuntikan vaksin dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Jokowi yang memakai setelah kemeja lengan pendek warna putih, celana panjang hitam, dan masker warna putih terlihat santai memasuki arena vaksinasi Covid-19 yang terletak di balkon Istana.

Dokter Istana menyuntikkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada lengan kiri Jokowi tepatnya pukul 09.42 WIB.

Proses vaksinasi tersebut berlangsung singkat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

Sebelum vaksin disuntikkan, Jokowi melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Pemeriksaan tekanan darah dilakukan untuk memastikan keamanan dalam vaksinasi. Selain pemeriksaan tekanan darah, Jokowi juga mendapat sejumlah pertanyaan terkait dengan penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes, dan ginjal.

Penyuntikan perdana vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac ini menandai program vaksinasi di Indonesia.

Selanjutnya setelah Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju turut diberikan suntikan dosis pertama vaksin Sinovac. Kendati begitu, Wakil Presiden Ma`ruf Amin tidak ikut disuntik vaksin, karena faktor usia.

Pada program vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini pemerintah telah membuat daftar prioritas penerima vaksin. Kelompok prioritas pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lain.