Detail

Jokowi Minta Masyarakat Aktif Sampaikan Kritik, Ernest Prakasa: Tolong Tertibkan Dulu ‘Relawan’ Bapak

Monday, 8 February, 2021, 17:59 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk aktif menyampaikan kritik, masukan, dan maladministrasi yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2020, pada Senin 8 Februari 2021.

Komika dan produser film Ernest Prakasa langsung bereaksi terkait pernyataan Presiden Jokowi itu.

“Bisa sih, tapi tolong tertibkan dulu ‘relawan’ Bapak,” cuit Ernest dalam akun Twitternya @ernestprakasa, Senin 8 Februari 2021.

https://twitter.com/ernestprakasa/status/1358657535310319616

Beragam tanggapan netizen atas cuitan singgat sutradara film itu. Berikut diantaranya:

“Bukan relawan koh tapi buzzer, kalo relawan saya yakin masih punya otak sehat, tapi kalo buzzer yg penting duit mau jelek mau bagus. Di sisi lain, penyelenggara pelayanan publik harus bersikap terbuka dan terus meningkatkan upaya perbaikan,” kata akun@venny3991.

“Bnyak yg mau kritik dan sejenis nya , tapi selalu terbayang-bayang pasal 353 , paham lah banyak yg baper kalo d kritik dan akhir nya berakhir di bui,” balas akun @Alan_Alamsyah79.

“Yang banyak terjadi, kalau ada kritik sedikit saja ke presiden, apalagi di twitter, langsunglah akun-akun ‘relawan’ tadi menyerang sejadi-jadinya,” ujar @witchkingriego.

Ustadz Hilmi Firdausi pun nyaris senada dengan Ernest. Menurutnya, saat ini kritikan dan masukan kerap dianggap nyinyir dan hate speech oleh sekelompok netizen.

“Siap pak…tolong kondisikan juga sekelompok netizen yg selalu menganggap kritik & masukan adalah  nyinyir & hate speech,” ujar Ustadz Hilmi dalam akun twitter @Hilmi28, Senin 8 Februari 2021.

Sebelumnya, Joko Widodo meminta masyarakat lebih aktif dalam menyampaikan kritik dan masukan terhadap kerja-kerja pemerintah.

“Semua pihak harus menjadi bagian dari proses untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik, masukan, ataupun potensi mal administrasi. Dan, para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan upaya-upaya perbaikan,” kata Presiden Jokowi.