Minggu, 27 Sep 2020 | WIB

Jenazah Gus Sholah Akan Dimakamkan di Antara Makam Gus Dur dan Kyai Wahid Hasyim

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 03 Februari 2020, 12:09 WIB
MCMNEWS.ID | KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah, wafat pada Minggu 2 Februari 2020. (Foto: Dok. NU).

MCMNEWS.ID – Putra almarhum KH Ir Sholahuddin “Gus Sholah” Wahid, Irfan Wahid mengemukakan setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah Gus Sholah akan diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur, melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB, hari ini Senin 3 Januari 2020.

Irfan menuturkan jenazah akan diangkut menggunakan salah satu pesawat milik Lion Group dan dijadwalkan tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo sekitar pukul 11.30 WIB.

Jenazah, kata dia, diperkirakan tiba di Jombang, Jawa Timur sekitar pukul 14.00 WIB

Rencananya jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 16.00 WIB.

Kompleks makam keluarga Pesantren Tebuireng ini berada di belakang masjid pondok. Liang lahat ini persis di sebelah utara makam KH Wahid Hasyim, ayah Gus Sholah yang merupakan Menteri Agama pertama Indonesia.

Di sebelah timurnya terdapat makam Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan salah satu tokoh pendiri NU KH Hasyim Asy’ari.

Pengurus Ponpes Tebuireng Jombang, KH Fahmi Amrullah mengatakan titik liang lahat Gus Sholah di makam keluarga Gus Dur ditentukan melalui musyawarah keluarga.

“Setelah kami lihat yang memungkinkan itu di sebelah baratnya Gus Dur. Satu setengah meter di sebelah barat makamnya Gus Dur,” kata Fahmi kepada wartawan di lokasi, Senin (3/2/2020).

back-to-top