Detail

Isu Reshuffle Berhembus, Nama Ketua Harian Gerindra Mencuat

Sunday, 12 September, 2021, 18:18 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin kembali ramai diperbincangkan publik.

Ditengah ramainya isu reshuffle, nama Ketua Harian DPP Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mencuat ke permukaan.

Bahkan, Dasco di gadang-gadang akan menggantikan Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam).

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik dari Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, mengatakan, Sufmi Dasco Ahmad, patut diperhitungkan untuk masuk kedalam kabinet Indonesia Maju.

Bukan tanpa sebab, Jerry menyebut, politisi Partai Gerindra tersebut memiliki segudang pengalaman politik dan hukum.

“Pantas (Sufmi Dasco Ahmad, red) jadi Menko Polhukam karena pengalaman politik dan hukumnya,” kata Jerry, dalam keterangan tertulisnya, Minggu, (12/9/2021).

Jerry menjelaskan, reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Kendati demikian, harus ada kriteria untuk calon Menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Tentu saja siapa pun nama yang disodorkan yang menentukan Presiden Jokowi. Usul saya, sebelum memilih menteri sebaiknya dilakukan jajak pendapat atau sayembara kepada masyarakat siapa saja nama-nama yang pantas menjadi menteri,” jelasnya.