Detail

HUT Ke-76, Momentum Perkuat TNI Berjuang Bersama Rakyat

Selasa, 5 Oktober, 2021, 15:34 WIB
Penulis: Irfan

MCMNEWS.ID – Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari dalam memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-76 mengungkapkan bahwasanya TNI lahir dari rakyat, karena itu, kehadiran TNI harus benar-benar dirasakan rakyat.

Ia mengatakan HUT TNI yang ke-76 ini adalah masa yang tepat untuk Indonesia, bersatu, berjuang bersama rakyat  bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19 dan memenangkan segala ancaman dari luar terhadap kedaulatan NKRI.

“Tema peringatan HUT ke-76 TNI pada 2021 adalah ‘Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang’ ini momentum untuk kita bersama bahwa kemenangan kita melawan pandemi dan menjaga kedaulatan NKRI dapat tercapai jika kita semua, elemen anak bangsa bersatu dan bersama-sama berjuang tidak sendiri-sendiri agar tujuan tercapai yaitu kebaikan untuk NKRI,” ujar Kharis, Selasa (5/10/2021).

Termasuk juga TNI untuk saling bahu-membahu dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional, sesuai dengan semangat yang terkandung dalam Undang-Undang TNI.

Kharis juga mengapresiasi kesungguhan dan keseriusan sinergi TNI dengan berbagai elemen bangsa. Salah satunya upaya TNI dalam membantu Pemerintah dan rakyat melawan dan memutus persebaran pandemi Covid-19.

“TNI bersama Polri, ASN, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan menjaga, mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan bahkan ratusan rumah sakit militer, ribuan tenaga medis militer juga diterjunkan inilah yang dimaksud manunggal TNI bersama rakyat,” katanya.

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPR RI ini juga menyoroti kesejahteraan prajurit, yang juga menjadi bagian penting untuk terus ditingkatkan.

Karena itu, Kharis memandang harus bersinergi dan seimbang antara profesionalisme dan kesejahteraan seperti dua sisi dari mata uang.

“Sulit menuju kemenangan kalau TNI yang profesional diabaikan aspek kesejahterannya, karena itu DPR terus berupa agar jaminan pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI dan anggota keluarganya juga diperhatikan,” ujarnya.

“Terakhir saya mengucapkan Dirgahayu TNI ke-76. Kami dan rakyat Indonesia mendoakan agar TNI menjadi semakin profesional, tangguh, dan  kita semua bisa melewati dan melalui dengan selamat  pandemi ini, ‘Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang’,” tandas legislator dapil Jawa Tengah V ini.

Dalam Konteks meningkatkan kesejahteraan TNI, Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga berharap adanya peningkatan kesejahteraan prajurit. Ia menyebut, kinerja TNI yang memuaskan dalam menjaga pertahanan dan ketahanan negara harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

“Saya mengapresiasi kinerja TNI sebagai garda pertahanan negara. Khususnya dalam 2 tahun terakhir, seluruh jajaran TNI turut membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19,” kata Puan.

Dalam berbagai survei, TNI menjadi lembaga negara yang memiliki citra sangat tinggi. Dalam survei terbaru Litbang Kompas, publik menilai TNI telah melakukan beragam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendapat tingkat kepuasan sebesar 78,1% untuk penanganan pandemi Covid-19.

Menurutnya, kepuasan masyarakat kepada kinerja TNI harus dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan prajurit. Puan pun mengingatkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan fasilitas TNI.

“Saya harap rencana kenaikan tunjangan kinerja sebesar 80% bagi prajurit TNI bisa segera direalisasikan. Karena tugas TNI tidak mudah. Selain untuk menjaga pertahanan negara, prajurit TNI juga memiliki tugas operasi militer selain perang,” ungkap Politikus PDI Perjuangan itu.