Detail

HGN 2020, Nadiem Makarim Apresiasi Perjuangan Guru Ditengah Pandemi

Rabu, 25 November, 2020, 14:29 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Hari Guru Nasional (HGN) yang diperingati pada tanggal 25 November 2020 diperingati dalam situasi pandemi Covid-19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyoroti proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19. Menurutnya Pembelajaran Jarak Jauh juga turut berdampak pada sistem pendidikan, utamanya guru.

“Ada pilihan untuk menyerah, ada opsi untuk mengeluh. Namun, kita memilih terus bangkit dan berjuang,” kata Nadiem dalam sambutan saat upacara Hari Guru Nasional (HGN) yang disiarkan lewat YouTube, Rabu, (25/11/2020).

“Saya sangat percaya bahwa selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi. Banyak pemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu-membahu, bergotong royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya,” lanjutnya.

Nadiem mengaku sangat terharu karena telah melihat dan mendengar cerita-cerita hebat, dedikasi dan kesungguhan para guru untuk terus bergerak dan mencari solusi agar proses belajar tidak terhenti di masa pandemi ini.

Dengan semangat juang tinggi dan kesabaran guru, semua proses pembelajaran terus berjalan meski ditengah keterbatasan.

Nadiem mengungkapkan, ada guru yang sudah melakukan pembelajaran daring, ada guru yang membentuk kelompok kecil anak dan didatangi bergiliran, ada yang masuk ke sekolah dengan jadwal bergiliran, ada yang mendatangi rumah siswa dan berdiskusi dengan orangtua bahkan sampai ada yang mencari sinyal diseberang sungai. 

“Semua ini menjadi bukti bahwa kita semua adalah pewaris para pejuang yang tidak mau menyerah dengan keadaan. Kita mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi dan berkolaborasi,” tutur Nadiem.

“Saya berharap seluruh insan pendidikan menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi,” tandasnya.

Kirim Tulisan

Kirimkan tanggapan anda dan komentar anda yang berkaitan dengan keluahan pelayanan publik dan konsumen
Kirimkan suara anda

Tag Popular

#Corona

#Gempa Bumi

#Bencana Alam

#Banjir

#PSBB DKI Jakarta