Detail

Hari Buruh 2021, BEM SI Desak Pemerintah Cabut UU Cipta Kerja

Saturday, 1 May, 2021, 18:58 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dari Aliansi BEM Seluruh
Indonesia (BEM SI) bersama massa buruh melakukan aksi dalam rangka Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei.

Adapun massa Aliansi BEM Seluruh Indonesia telah berkumpul pada titik aksi sejak pukul 09:00 di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dan berkomitmen untuk melakukan aksi damai dan tercapainya kajian dan tuntutan.

Koordinator Pusat BEM SI, Nofrian Fadil Akbar, mengatakan, dalam aksi tersebut mahasiswa dan buruh bersama-sama memprotes
terkait UU cipta kerja yang merugikan buruh dan pekerja.

“Hari ini kita tetap konsisten melakukan perlawanan untuk menolak dan mencabut UU Cipta kerja yang telah disahkan pada 05 Oktober 2020 yang lalu,” kata Fadil, dalam keterangan tertulis yang diterima Mcmnews.id, Sabtu, (1/5/2021).

“Pada momentum ini kita yakin dan percaya bahwa perjuangan itu akan terus berlanjut demi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” lanjutnya.

Fadil mengatakan, pihaknya juga mendesak Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk segera membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Lanjut Fadil, hal itu karena tidak sesuai dengan prosedur pembentukan peraturan perundang-undangan.

Tuntutan agar Hakim MK membatalkan UU Cipta kerja disebabkan karena tidak memenuhi asas keterbukaan dalam proses pembuatannya.

Tak hanya itu, menurut Fadil, UU Cipta Kerja tidak merepresentasikan tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam alinea keempat
pembukaan UUD 1945.