Detail

Hardiknas 2021, Nadiem Harap Jadi Momentum Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia

Sunday, 2 May, 2021, 22:16 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Setiap tahunnya, tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Untuk Hardiknas tahun ini, tema yang diangkat adalah ‘Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar’.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, berharap Hardiknas tahun 2021 menjadi ajang untuk merefleksikan pendidikan di Indonesia.

Nadiem menuturkan, harus ada perubahan dalam sistem pendidikan di Indonesia.

“Hari ini adalah sebuah momen yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki. Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” kata Nadiem, dalam sambutan acara peringatan Hardiknas, Minggu (2/4/2021).

“Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar,” lanjut Nadiem.

Menurut Nadiem, ada 4 upaya yang harus dilakukan dalam memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

“Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan,” tuturnya.

“Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen,” tambahnya.