Detail

Gantikan Airin, Bima Arya Resmi Duduki Kursi Ketua Apeksi Baru

Saturday, 13 February, 2021, 11:56 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany tak lagi menduduki posisi ketua Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Kursinya kini diduduki oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Bima Arya terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Nasional VI APEKSI yang diselenggarakan di Plataran Senayan, Jakarta, Kamis (11/02/2021).

Usai terpilih dan mendapat ucapan selamat dari para anggota APEKSI yang hadir secara langsung maupun secara daring atau online, Bima Arya kemudian dikukuhkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang hadir secara daring, sebagai Ketua Dewan Pengurus APEKSI periode 2021-2024.

Munas IV APEKSI dibuka oleh Presiden Joko Widodo yang hadir secara daring dari Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/02/2021) pagi, dan dihadiri sekitar secara langsung oleh sekitar 40 wali kota dari 98 wali kota anggota APEKSI.

Munas berlangsung relatif cepat, dimana pada pemilihan pengurus baru, sempat muncul tiga nama kandidat Ketua Dewan Pengurus APEKSI, yakni Wali Kota Bogor, Wali Kota Gorontalo, dan Wali Kota Jambi, namun forum kemudian menyetujui Wali Kota Bogor Bima Arya secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pengurus APEKSI.

Pada kepengurusan APEKSI periode 2016-2020, Bima Arya duduk sebagai Anggota Dewan Pengawas bersama enam wali kota lainnya.

Bima memuji Airin piawai dalam menggalang komunikasi dengan pemerintah pusat.

“Yang luar biasa dari Ibu Airin adalah bahwa kami semua para wali kota merasa disambungkan dengan pemerintah pusat,” katanya usai pengukuhan.

Ia berjanji akan melanjutkan pola tersebut agar hubungan kerja sama pemerintah pusat dan daerah bisa terus berjalan secara konstruktif.

“Yang sangat hebat dari Ibu Airin adalah beliau menjadi fasilitator yang baik antara aspirasi kami di daerah dengan kebijakan-kebijakan pemerintah pusat,” ungkap Bima.