Minggu, 27 Sep 2020 | WIB

Evakuasi 241 WNI dari Wuhan Tiba, Turun Pesawat Langsung Disemprot Cairan Disinfektan

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 02 Februari 2020, 17:38 WIB
MCMNEWS.ID | Petugas Kesehatan Lakukan penyemprotan cairan diainfektan kepada seluruh WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Cina. Minggu (02/01).

MCMNEWS.ID – Sebanyak 241 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan karena wabah virus corona telah tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, sekitar pukul 08.50 WIB pada Minggu (2/2/2020).

Sejumlah petugas berpakaian dengan atribut pengamanan kesehatan berwarna kuning dan putih langsung siaga di sekitar pesawat, begitu pesawat yang membawa Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan tiba di Batam.

Petugas berseragam kuning masuk ke dalam pesawat. Mereka sempat berhenti di pintu depan pesawat selama beberapa menit, dan disusul beberapa petugas berseragam putih. 

Menurut aturan karantina, seluruh penumpang harus melalui pemeriksaan kesehatan di dalam pesawat Batik Air sebelum pindah ke pesawat lain yang akan membawanya ke Natuna.

WNI nampak sehat, meski beberapa di antaranya terlihat lelah setelah menempuh sekitar 6 jam perjalanan dari China. Seluruh WNI juga terlihat mengenakan masker saat turun dari pesawat sesuai prosedur keamanan kesehatan.

WNI bergiliran keluar pesawat satu per satu, secara perlahan dan sembari itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh bagian tubuh mereka, Selesai dilakukan penyemprotan 3 pesawat TNI sudah bersiaga untuk membawa seluruh WNI dari Wuhan ke Natuna, yaitu Hercules A-1315 dan dua Boeing AI 7304 dan A 7306.

Sementara itu, Kadis Ops Lanud Hang Nadim Batam Mayor Lek Wardoyo mengatakan hercules dimaksimalkan dapat mengangkut 130 orang dan boeing berkapasitas masing-masing 100 orang. 

Nantinya para WNI akan dikarantina selama dua minggu. Karena peneliti mengetahui sejauh ini masa inkubasi virus corona paling lama adalah dua minggu. Masa inkubasi artinya waktu yang diperlukan virus untuk menunjukkan gejala sejak seseorang terpapar.

back-to-top