Detail

DPR Tunggu Hasil Monitor dan Evaluasi PTM Terbatas Hari Pertama

Monday, 30 August, 2021, 14:34 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyambut baik pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di beberapa wilayah yang masuk PPKM Level 2 dan Level 3.

Kendati demikian, Dasco menyebut, hingga kini DPR masih menunggu hasil monitoring dan evaluasi PTM Terbatas.

“Hari ini seperti kita tahu sudah mulai Pembelajaran Tatap Muka di beberapa wilayah yang sudah dibagi zonanya oleh pemerintah,” kata Dasco, kepada Wartawan, Senin, (30/8/2021).

“Kita masih memonitor bagaimana hasil dari kegiatan hari ini dan juga tentunya jadi bahan evaluasi untuk kemudian peningkatan area tatap muka di zona-zona berikutnya,” lanjut Dasco.

Politisi Partai Gerindra itupun berharap pelaksanaan PTM Terbatas dapat berjalan lancar sehingga bisa diterapkan di wilayah lainnya.

“Mudah-mudahann semua bisa berjalan dengan lancar, sehingga kegiatan tatap muka yg diuji cobakan dibeberapa zona ini bisa ditambah, dengan waktu yang tidak terlalu lama dan tidak menimbulkan efek dari tatap muka sendiri,” tuturnya.

Seperti diketahui, daerah dengan level PPKM dari 1 sampai 3 dapat melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Sementara untuk wilayah yang masih menerapkan PPKM level 4, tetap melakukan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa Bali.

Dalam Inmendagri tersebut dijelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan pada wilayah dengan kriteria level 3 dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) berdasarkan SKB 4 Menteri.