Detail

DPR Minta Oknum Pemotong Dana Bansos Diusut Tuntas

Jumat, 30 Juli, 2021, 19:50 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ace Hadan Syadzily, sangat menyesalkan adanya pemotongan dana bantuan sosial (bansos) yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk warga terdampak PPKM.

Ace pun mendesak pihak berwenang untuk segera mengusut tuntas permasalahan tersebut.

“Tentu kami sangat menyesalkan tindakan pemotongan bansos yang seharusnya diterima secara utuh. Harus diusut dengan tuntas pelaku pemotongan bansos tunai tersebut,” kata Ace, Jumat, (30/7/2021).

“Perlu ada sosialisasi kepada warga penerima bantuan sosial bahwa uang tersebut merupakan hak mereka. Tidak ada potong memotong oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan aparat untuk kepentingan apapun,” lanjutnya.

Ace menerangkan, pihaknya pernah menemukan kasus pemotongan oleh para oknum yang mengaku dapat memasukkan data masyarakat sebagai penerima Bansos.

Jika tidak diberi, lanjut Ace, oknum tersebut mengancam penerkma bantuan tidak akan mendapatkan bansos lagi.

Politisi Golkar itupun menyatakan, pihaknya mengaku sudah beberapa kalibmenyampaikan kepada Kementerian Sosial soal perlunya pengawasan bagi penyaluran bansos.

“Sebetulnya, Kementerian Sosial sudah melakukan kerja sama dengan pihak Kepolisian untuk memastikan bantuan itu tidak disunat. Hal yang penting menurut saya adalah mendorong keberanian warga untuk melaporkan adanya penyelewengan bantuan sosial itu,” tandasnya.