Detail

Disampaikan Langsung Oleh Airlangga Hartarto, Pimpinan DPR Terima Surat Pergantian Azis Syamsuddin

Kamis, 30 September, 2021, 12:33 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Pimpinan DPR RI telah menerima nama pengganti Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin yang mengundurkan diri setelah ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK.

Surat permohonan nama pengganti tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan diterima oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Kami pimpinan DPR RI, saya bersama dengan Pak Dasco telah menerima surat pergantian langsung dari Ketua Umum Golkar, Pak Airlangga, perihal pengunduran diri dari Bapak Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR RI periode 2019-2024,” kata Puan dalam konferensi pers.

Puan menjelaskan, DPR akan melalukan mekanisme selanjutnya mengenai pergantian pimpinan DPR dari unsur Golkar. Hal ini, kata Puan, sesuai dengan Pasal 47 Peraturan DPR RI No 1 tahun 2020 tentang Peraturan Tata Tertib DPR.

“Maka DPR akan memproses pergantian wakil ketua DPR dari Partai Golkar, untuk diteruskan ke paripurna,” lanjutnya.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyebut pihaknya telah menunjuk H Lodewijk F Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR.

“Partai Golkar telah memutuskan menunjuk saudara H Lodewijk F Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsuddin,” kata Airlangga saat diminta Puan menyampaikan nama yang diajukan Golkar sebagai pengganti Azis Syamsuddin.