Detail

Dilantik Jokowi, Listyo Sigit Prabowo Kini Resmi Jabat Kapolri

Rabu, 27 Januari, 2021, 11:58 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID – Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (27/1).

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu menggantikan posisi Jendral Idham Aziz yang telah memasuki masa pensiun.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI. Setelah itu, dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Jokowi.

Sebelum prosesi pelantikan dimulai, Jokowi yang memimpin upacara tersebut sempat menanyakan kesedian Listyo diambil sumpahnya untuk dilantik menduduki pucuk pimpinan Korps Bhayangkara itu.

“Bersedia saya ambil sumpah berdasar agama Kristen?” tanya Jokowi.

“Bersedia,” timpal Listyo.

Setelahnya, Listyo membacakan sumpah jabatan dengan bimbingan pemuka agama bersama Jokowi.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa, menyatakan dan janji bersungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada negera kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945,” ucap Listyo, mengulangi perkataan Jokowi di salah satu kalimat sumpah jabatannya.

“Dan dengan penuh rasa tangung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata, Kiranya Tuhan menolong saya,” ucap Listyo Sigit.
 
Dalam pengukuhan ini, berdasarkan Kepres No.7 Tahun 2021 Listyo Sigit juga menerima kenaikan pangkat dari bintang tiga atau komjen menjadi bintang empat atau jenderal. Idham Azis menyerahkan tongkat komando kepada Listyo Sigit. 

Usai membacakan sumpah, Listyo kembali mengenakan masker.

Pelantikan Listyo yang digelar di masa pandemi Covid-19 hanya dihadiri beberapa pihak. Salah satunya yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan beberapa jajaran Menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Dalam kesempatan ini, hadir pula mantan Kapolri Jenderal Idham Azis. Pelantikan Kapolri menerapkan protokol kesehatan di mana semua tamu undangan memakai masker serta face shield dan menjaga jarak aman.

Sebelumnya, pada 13 Januari lalu, Jokowi mengajukan nama Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo ke DPR ebagai calon tunggal Kapolri melalui Surpres nomor R-02/Pres/01/2021, yang disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR.

DPR kemudian melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, Rabu (20/1). Selanjutnya, melalui Rapat Paripurna pada Kamis (21/01/2021), DPR menyetujui calon tunggal yang diajukan Presiden tersebut.

Dalam persetujuannya, Ketua DPR Puan Maharani menyebutkan, Rapat Paripurna DPR RI tanggal 21 Januari 2021 telah menyetujui laporan Komisi III DPR, untuk mengangkat Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun.