Detail

Demi Memastikan Keamanan dan Penerapan Prokes, Sekolah yang Laksanakan PTM Diminta Bentuk Satgas

Friday, 27 August, 2021, 16:53 WIB
Penulis: Irfan

MCMNEWS.ID – Rencana pembukaan pembelajaran tatap muka (PTM) disambut baik oleh sejumlah sekolah. Pasalnya, sejak pandemi seluruh sekolah di Indonesia ditutup.

Mengenai hal tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, meminta satuan pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) membentuk satgas Covid-19 tingkat sekolah.

Ia mengharapkan seluruh satuan Pendidikan yang hendak melaksanakan kebijakan PTM Terbatas harus membentuk satgas Covid-19 di tingkat sekolah. Langkah tersebut diambil untuk memastikan keamanan di lingkungan sekolah.

“Hal itu untuk memastikan keamanan masyarakat yang terjamin melalui protokol kesehatan yang dijalankan dengan baik. Maka satuan pendidikan perlu membentuk satgas,” ujarnya, melalui siaran pers tertulisnya, Jumat (27/8/2021).

Menurut Wiku, berdasarkan sistem pengawasan yang komprehensif dalam pembelajaran tatap muka, tak hanya tanggung jawab satuan pendidikan. Namun juga orangtua di rumah dan unsur lingkungan lainnya.

Satgas juga mencatat, sampai dengan 22 Agustus 2021, sebanyak 31 persen dari total laporan 261.040 satuan pendidikan yang berada pada daerah dengan PPKM Level 3, 2 dan 1 sudah menggelar system pembelajaran tatap muka secara terbatas. Yakni, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Masih dari keterangan Wiku, regulasi yang menjadi dasar penyelenggaraan belajar tatap muka secara nasional yaitu Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Selain itu, pembelajaran tatap muka juga harus mematuhi Inmendagri Nomor 35, 36, dan 37 Tahun 2021 terkait pelaksanaan PPKM dengan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan.

Selain itu, juga panduan Pengawasan dan Pembinaan Penerapan Protokol Kesehatan di Satuan Pendidikan dari Kemenkes