Detail

Demi Efektifitas dan Efisiensi, Gerindra Dukung Usulan Pemilu 15 Mei 2024

Minggu, 3 Oktober, 2021, 15:27 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Fraksi Gerindra DPR RI mendukung usulan pemerintah soal pencoblosan Pemilu 2024 digelar pada 15 Mei 2024.

Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyebut, pertimbangan Gerindra mendukung wacana pemungutan suara pada 15 Mei adalah demi efektifitas dan efisiensi Pemilu 2024.

“Setelah melalui berbagai pertimbangan dan kajian yang mendalam, kami mendukung usulan pemerintah terkait dengan waktu pelaksanaan Pemilu tanggal 15 Mei,” kata Sufmi Dasco Ahmad, minggu, (3/10/2021).

“Saya fikir, pada prinsipnya begini, pelaksanaan pemilu 2024 harus berjalan dengan efektif dan efisien, artinya, seluruh tahapan Pemilu harus dipastikan berjalan dengan baik,” ujar Dasco.

Kendati demikian, lanjut Dasco, kebutuhan anggaran juga perlu diperhatikan, mengingat porsi anggaran negara untuk Pemilu yang memang terbatas.

“Jadi, kalau toh pencoblosan Pemilu tanggal 15 Mei 2024 ini disepakati, maka pelaksanaan waktu kampanye baik Pileg maupun Pilkada relatif pendek,” tuturnya.

“Sehingga diharapkan kebutuhan Pemilu dapat lebih efisien dan tidak terlalu membebani anggaran negara,” tandasnya.

Diketahui, pemerintah sebelumnya mengusulkan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 agar dilaksanakan pada 15 Mei 2021. Hal ini disepakati dalam rapat internal Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajarannya pada Senin, 27 September 2021.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD, dalam pernyataan resminya melalui akun YouTube Kemenko Polhukam, menjelaskan, setelah melakukan simulasi dengan berbagai hal, seperti memperpendek kegiatan pemilu agar efisien waktu dan uang, maka masa kampanye diperpendek serta jarak antara pemungutan suara dengan pelantikan presiden tak terlalu lama, maka dipilih Pemilu 2024 pada 15 Mei.

“Jadi kalau terpilih, kalau peradilan di MK kalau sengketa, atau ada putaran kedua juga dihitung. Dan memperhitungkan hari-hari besar keagamaan dan hari besar nasional,” kata Mahfud MD.