Detail

Dasco: Vaksin Nusantara Tak Perlu Diperdebatkan

Thursday, 15 April, 2021, 15:14 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, meyakini Vaksin Nusantara dapat menambah kekayaan vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia.

Menurut Dasco, vaksin yang digagas oleh mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, ini juga dapat membantu program vaksinasi yang digaungkan pemerintah.

“Apalagi ditambah dengan embargo-embargo vaksin dari negara-negara penghasil vaksin, ini juga bisa sedikit banyak membantu program-program vaksinasi pemerintah. Sehingga dengan adanya vaksin nusantara ini perlu dibantu pemerintah untuk mengurangi kelangkaan vaksin karena embargo,” Ujar Dasco.

“Vaksin Nusantara juga dapat membantu program vaksinasi pemerintah selain vaksin gratis dan vaksin mandiri. Oleh karena itu, ia meminta agar semua pihak tak perlu memperdebatkan Vaksin Nusantara,” Tambah Dasco.

Selain itu, Wakil Ketua DPR RI ini menjadi salah satu relawan uji klinis fase II Vaksin Nusantara di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/4/2021).

“Tujuh hari ke depan, darah yang sudah diproses yang hari ini diambil, akan disuntikkan kembali, untuk divaksin kepada yang sudah diambil darahnya,” Jelasnya.

Dasco juga menambahkan, yang menjadi relawan tidak hanya dirinya melainkan sejumlah anggota DPR Komisi IX ikut turut serta.

Kemudian, ia juga membeberkan pertimbangan mengapa dirinya dan
DPR bersedia menjadi relawan Vaksin Nusantara.

“DPR dengan Komisi IX sudah jelas, bahwa BPOM mempersilakan vaksin fase II Vaksin Nusantara dengan metode yang diperbaiki,” Ujarnya.

“Yang kedua, proses penelitian, proses yang ada di rumah sakit itu kemudian sudah dipersilakan juga oleh BPOM,” Tukas Dasco.

Laporan: Irfan Kurniawan