Jumat, 25 Sep 2020 | WIB

BNPB : WNI Dari Kota Wuhan Bukan Dikarantina, atau Diisolasi, Cuma Diobservasi Selama Dua Minggu

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 01 Februari 2020, 19:00 WIB
MCMNEWS.ID | Dok. Istimewa

MCMNEWS.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, WNI yang dipulangkan dari Kota Wuhan akan menjalani observasi selama dua minggu baru bisa kembali ke keluarga masing-masing.

“Mereka bukan dikarantina, bukan diisolasi, hanya diberikan penampungan sementara untuk observasi selama 2 minggu,” kata Doni seperti dilansir dari Antara, Sabtu (1/2/2020).

Doni menerangkan, WNI yang dipulangkan dari Kota Wuhan itu tidak tertular virus corona. Dia bersama Menteri Kesehatan pun menyambut kedatangan para WNI tersebut.

“Menteri Kesehatan dan saya berada di depan, di mana tiba. Artinya kalau mereka sakit dan berisiko tertular, rasanya tidak mungkin Menteri Kesehatan dan Kepala BNPB berada di situ. Tentu ingin menyelamatkan diri,” jelasnya.

Menurut Doni, pemerintah menjalankan prosedur medis secara teliti dalam pemulangan WNI dari Kota Wuhan. Untuk itu dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir.

“Pemerintah menjamin, WNI yang pulang dari China dalam kondisi sehat, dan prosedur pengamanan dilakukan secara teliti,” ujarnya.

Sebagai informasi, dilansir dari AFP, Sabtu (1/2), epidemi virus corona telah menewaskan 259 orang dan menginfeksi hampir 12 ribu orang. Jumlah tersebut melampaui orang yang terinfeksi SARS yang merebak pada 2002-2003, 8.098 orang.

back-to-top