Detail

BMKG Deteksi Siklon Tropis Kompasu: Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

Senin, 11 Oktober, 2021, 20:38 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Badan Metereologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) melaporkan per hari ini Senin (11/10/2021) masih terdapat Siklon Tropis.

Siklon tropis sendiri merupakan sistem tekanan rendah non-frontal yang berskala sinoptik yang tumbuh di atas perairan hangat dengan wilayah perawanan konvektif dan kecepatan angin maksimum, setidaknya mencapai 34 knot pada lebih dari setengah wilayah yang melingkari pusatnya.

Siklon Tropis Kompasu tersebut terpantau di belahan bumi utara Indonesia. BMKG melaporkan ada dua siklon tropis yang terpantau di belahan bumi utara. Antara lain, Siklon Tropis Lionrock dan Siklon Tropis Kompasu.

BMKG mencatat Siklon Tropis Kompasu terpantau berada di Laut Filipina sebelah timur Laut Filipina. Tepatnya di 18.7° LU, 124.5° BT. Kemudian, bergerak ke arah barat barat laut dengan kecepatan 20 km/jam.

“Diprediksi intensitas Siklon Tropis Kompasu persisten 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat,” demikian tulis keterangan BMKG yang diterima, Senin (11/10/2021).

Di kesempatan yang sama, BMKG menjelaskan, Siklon Tropis Kompasu memberikan dampak tidak langsung dalam 24 jam ke depan terhadap kondisi cuaca di wilayah Tanah Air.

Berupa potensi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kemudian, potensi angin kencang di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kepulauan Natuna dan Kepulauan Sangihe Talaud.

Berikutnya, gelombang laut dengan ketinggian 1.25-2.5 meter di Selat Makassar bagian utara, Laut Sulawesi bagian barat dan tengah, Perairan Kep Sangihe dan Kep Talaud.

Di perairan timur Kep Sitaro, Perairan Bitung-Likupang, Laut Maluku bagian utara, Perairan utara Papua Barat hingga Papua, Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Papua.

Selain hujan, juga menimbulkan gelombang laut dengan ketinggian 2.5 – 4.0 meter di Samudra Pasifik utara Halmahera.