Sabtu, 26 Sep 2020 | WIB

Batik Air Bantu Evakuasi 243 WNI Dari Wuhan Sabtu Siang

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 01 Februari 2020, 17:59 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID –  Lion Air Group mengonfirmasi bahwa maskapai anggotanya, yakni Batik Air, akan membantu evakuasi WNI dari Wuhan, China. Pihaknya memenuhi permintaan dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

“Benar, Batik Air dengan pesawat A330,” ujar Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait saat dihubungi di Jakarta, Jumat (31/1) malam.

Menurut salinan surat permohonan izin Batik Air untuk charter flight kepada Kementerian Perhubungan disebutkan bahwa maskapai tersebut diminta oleh Kementerian Luar Negeri untuk kebutuhan evakuasi WNI dari Kota Wuhan, China yang saat ini dilanda wabah virus corona.

Sekitar 243 orang Warga Negara Indonesia (WNI) dievakuasi dari Wuhan Provinsi Hubei, China dan sekitarnya dalam penyelamatan wabah virus corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) setelah Pemerintah Republik Indonesia dinyatakan telah mendapat izin dari Otoritas China.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Muhammad Farhan, mengatakan izin tersebut berlaku per 1 Februari 2020 untuk untuk memberangkatkan sebuah pesawat sipil berbadan lebar dari Jakarta mengevakuasi WNI di Wuhan.

Pesawat yang dijadwalkan berangkat pada Sabtu, 1 Februari 2020 pukul 06:00 WIB dari Bandara Soekarno Hatta merupakan jenis A330 dan akan mendarat di tanah air pada hari yang sama pukul 19:00 WIB di Bandara Hang Nadim, Batam.

back-to-top