Detail

Airlangga Dan Prabowo Dinilai Paling Siap Berlaga Pada Pilpres 2024, Pigai: Anies Jaga DKI Saja Dulu

Rabu, 2 Juni, 2021, 14:52 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID  –   Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai menilai dari sejumlah nama kandidat calon presiden 2024 yang paling siap berlaga dalam Pilpres mendatang hanya Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto.

Pandangan Pigai bukan tanpa alasan. Sebab, kedua ketua umum partai besar itu tidak memiliki resistensi dan konflik di internalnya. Karena dua tokoh tersebut merupakan penentu kebijakan di internal partainya. Seperti dalam mendorong siapa yang layak maju pada Pilpres mendatang.

Jika lembaga survei yang hampir seluruhnya menyebut bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang berada diurutan teratas selain Prabowo Subianto, Natalius Pigai justru berpandangan berbeda.

“Kami orang timur to the point aja. Di republik ini hanya ada dua yang berkompeten maju pada Pilpres 2024 mendatang, yakni Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto,” kata Pigai dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (2/6/2021).

Disebutkan bahwa kedua tokoh yang ia maksud adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Prabowo S dan Airlangga H, Bu Puan, AHY, Cak Imin, Zul (Zulkifli Hasan), Tito, Gatot punya hak tapi lebih tepat jadi Cawapres,” jelas Natalius Pigai

Lebih lanjut, kendati masuk jajaran survei teratas, Natalius Pigai menyarankan agar Anies Baswedan bersabar menjaga DKI Jakarta.

“Anies harus bersabar dulu. Tolong jaga DKI dari pada jatuh pada orang yang salah,” katanya.

Namun demikian, lanjut Pigai, pada tahun 2029 mungkin Anies memiliki peluang maju pada kontestasi Pilpres mendatang.