Detail

AHY Minta Pemerintah Perhatikan Keluarga Korban KRI Nanggala 402

Monday, 26 April, 2021, 23:49 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meminta kepada Pemerintah agar memperhatikan keluarga korban awak KRI Nanggala 402 yang gugur saat bertugas di perairan Bali.

“Memang sudah pasti ada perhatian dari negara sesuai prosedur tetap, tetapi ini peristiwa luar biasa, sehingga perhatian pemerintah pun harus luar biasa,” kata AHY, Minggu (25/4).

“Saya memerintahkan Sekjen dalam kapasitas sebagai anggota Komisi I DPR RI untuk menyarankan agar Pemerintah memperhatikan penuh para keluarga yang ditinggalkan,” lanjutnya.

AHY menjelaskan, bentuk perhatian yang patut dipertimbangkan mencakup setidaknya tiga hal pokok.

Dikatakan AHY, pertama pemerintah dapat memberikan tunjangan penuh dengan memberikan gaji utuh, tidak dipotong sebagaimana halnya uang pensiun.

Yang kedua, lanjut AHY, pemerintah memberikan beasiswa hingga lulus universitas bagi seluruh putra-putri awak yang gugur.

“Ketiga pemerintah memberikan fasilitas perumahan bagi masing-masing keluarga yang ditinggalkan. Saya yakin pemerintah kita bisa mewujudkan ini,” kata dia.

Seperti diketahui sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 gugur.

Kapal selam milik TNI AL itu tenggelam saat latihan di perairan utara Bali, Rabu, 21 Maret 2021.