Rabu, 23 Sep 2020 | WIB

4 WNI Menolak Dievakuasi, Karena Pertimbangan Keluarga Memilih Bertahan di Wuhan

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 03 Februari 2020, 12:24 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID –  Wilayah Wuhan, Provinsi Hubei, China, menjadi lokasi merebaknya virus corona. Kendati begitu, ada empat warga negara Indonesia (WNI) yang memilih bertahan di Wuhan. Hal itu dilakukan keempat WNI itu atas pertimbangan keluarga.

“Tidak ada keterangan lain kecuali pertimbangan keluarga,” kata Plt Jubir Kementerian luar negeri (Kemlu RI), Teuku Faizasyah, kepada wartawan, Senin (3/2/2020).

Faizasyah menyebut tak ada keterangan dari keempat WNI itu kecuali pertimbang keluarga. Dia mengaku tak tahu pertimbangan spesifik yang membuat empat WNI itu bertahan di Wuhan.

Untuk diketahui, sebelumnya ada empat WNI membuat surat pernyataan yang menyebutkan alasan mereka untuk bersedia dievakuasi. Kemlu tak memaksakan keempat WNI itu untuk pulang ke Indonesia.

Tak ada unsur paksaan soal pemulangan WNI, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut pihaknya sudah menawarkan semuanya. Agus menyebut keempatnya sudah nyaman tinggal disana.

“Keempat orang menyatakan untuk tidak mau berangkat karena lebih nyaman di sana. Meski kita sudah tawarkan semua,” ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dilansir Antara, Minggu (2/2).

Sebelumnya, ada 238 WNI dari Wuhan, China, tiba di Batam, Minggu (2/2) kemarin. Ratusan WNI itu langsung dikirim ke pusat observasi di Natuna. Jumlah itu tak sesuai dengan jumlah rencana awal evakuasi, yakni 245 WNI, karena dikurangi 4 WNI memilih bertahan dan 3 WNI tak lolos screning otoritas kesehatan di China.

back-to-top