Jumat, 14 Agu 2020 | WIB

Misteri Sungai Kriyan Cirebon

Avatar
Penulis: Solihin
Diterbitkan: 21 Desember 2019, 11:36 WIB
MCMNEWS.ID | Foto| dok. Istimewa

MCMNEWS.ID | Cirebon – Sungai Kriyan tak hanya menjadi saksi sejarah dalam perkembangan Cirebon. Sungai tersebut menyimpan banyak mitos dan misteri yang kerap menggegerkan warga Pantura Jawa Barat itu.

Beragam peristiwa yang melibatkan Sungai Kriyan Cirebon tersebut tak jauh dari kesan mistis. Seperti maraknya orang hilang di sungai dan muncul dalam kondisi tak bernyawa.

“Banyak kejadian di sini rata-rata kalau orang hilang di sungai proses pencariannya melibatkan banyak petugas dan kalau cepat ketemu biasanya sudah meninggal,” kata salah seorang warga di sekitar Sungai Kriyan Cirebon, Wahyu.

Letak Sungai Kriyan Cirebon tidak jauh dari Situs Lawang Sanga di Kampung Mandalangan Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Sungai Kriyan Kota Cirebon menjadi salah satu kawasan yang menjadi saksi sejarah perkembangan Cirebon. Tidak jauh dari Situs Lawang Sanga di Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

“Kalau logikanya memang orang yang tenggelam di sungai rentan meninggal. Tapi di sungai ini memang kental dengan mitosnya seperti siluman buaya salah satunya,” ujar dia.

Seperti diketahui, situs bersejarah Lawang Sanga yang dekat dengan Sungai Kriyan menyimpan banyak mitos tentang munculnya sosok Siluman Buaya Putih.

“Buaya putih tidak buas karena diyakini merupakan kutukan oleh Sultan,” ujar juru Kunci Lawang Sanga Cirebon Suwari(solihin)
back-to-top