Detail

Waspada, 4 Minuman Ini Sangat Berbahaya Bagi Ginjal

Senin, 14 Juni, 2021, 15:17 WIB
Penulis: Ginan

MCMNEWS.ID – Ginjal adalah salah satu organ vital manusia. Ginjal bertugas menyaring segala kotoran, limbah, dan zat berlebih di dalam tubuh.

Hal itu dilakukan untuk memastikan tubuh dapat berfungsi dengan baik. Satu hal yang menarik, ginjal bekerja dengan sangat halus. Itulah sebabnya, kerusakan sekecil apa pun dapat memiliki efek negatif pada seluruh tubuh. Maka dari itu, ginjal harus selalu dijaga kesehatannya

Sejatinya, apa yang kita minum sama penting dengan makan yang dikonsumsi. Dalam hal ini, seluruh asupan makanan dan minuman berpengaruh secara keseluruhan terhadap kondisi kesehatan.

Namun, saat ini banyak minuman populer yang memiliki efek samping serius bagi kesehatan ginjal. Seperti dilansir laman Eat This, Minggu (14/6/2021), berikut beberapa jenis minuman yang berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal.

1.Soda
Jika kita ingin melindungi kesehatan ginjal, maka harus mempertimbangkan lagi untuk mengurangi soda manis dari diet.

Sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology menemukan, di antara 2.382 peserta dalam studi Tehran Lipid dan Glukosa, mereka yang minum lebih dari empat kali soda dalam sepekan, memiliki risiko dua kali lebih besar terkena penyakit ginjal.

2.Jus kemasan
Dengan kandungan gula yang tinggi dan kalori yang cukup banyak, jus bukanlah teman yang baik untuk ginjal kita.

Di antara peserta studi Tehran Lipid dan Glukosa, orang yang minum minuman manis memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi secara signifikan, daripada mereka yang jarang meminum minuman manis.

3.Soda Diet
Minum soda diet mungkin tidak jauh lebih baik daripada minum soda dengan gula atau sirup fruktosa tinggi. Demikian disebutkan dalam sebuah studi pada 2011 yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology.

Studi itu menyebut di antara 3.318 peserta perempuan dalam Nurses ‘Health Study, mereka yang minum dua atau lebih soda diet dua kali sepekan, lebih mungkin mengalami penurunan fungsi ginjal, dibanding mereka yang tidak minum sama sekali.

4.Alkohol
Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menemukan, di antara sekelompok 6.259 orang dewasa, mereka yang mengaku sebagai peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi.

Albuminuria adalah sebuah indikator kandungan protein albumin dalam urin seseorang dan tanda penyakit ginjal.