Detail

Sering Mengalami Fenomena Food Craving? Begini cara mencegahnya

Tuesday, 31 August, 2021, 10:08 WIB
Penulis: Irfan

MCMNEWS.ID РApakah kalian tahu food craving? Kalau belum tahu, food craving itu adalah suatu fenomena ketika kamu tiba-tiba ingin makan sesuatu dan rasanya harus banget makan itu? Ya, pasti sering dong kalian merasakan hal seperti itu, dan Peristiwa ini sering dialami banyak orang dan seringkali dianggap sebagai ngidam dan sulit banget untuk menahan rasa tersebut.

Namun, tahukah kalian bahwa Semakin lama menghabiskan waktu untuk mencium makanan yang Anda idam-idamkan, semakin sedikit Anda benar-benar menginginkannya atau food cravings loh, ungkap sebuah studi dari University of South Florida dan dipublikasikan dalam Journal of Marketing Research.

Menurut mereka, dengan mencium makanan ringan dalam waktu yang cukup lama, maka dapat mengurangi nafsu makan Seseorang.

“Sistem penciuman dan pengecapan (rasa) sangat saling berhubungan dan bagian di dalam di otak tidak membedakan antara rangsangan yang dikodekan oleh sistem sensorik yang berbeda,” kata Dipayan Biswas, salah satu peneliti, dikutip dari Insider, Senin

Proses menuju pada kesimpulan ini, para peneliti memasang vaporizer di sebuah ruangan yang secara berkala akan bergantian memancarkan aroma makanan ringan berbeda. Para subyek studi harus menilai apakah aroma mempengaruhi selera makan mereka.

Hasilnya, mereka yang mencium aroma makanan seperti pizza atau kue selama 30 detik cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar pada camilan daripada mereka yang menghirup aroma selama dua menit penuh.

Mereka yang menghirup aroma makanan selama dua menit bahkan akhirnya memilih hidangan lain seperti buah apel dan stroberi.

Seperti yang diuraikan oleh penelitian, mungkin cukup memuaskan hanya dengan mencium makanan yang Anda idamkan, karena seringkali, otak Anda tidak benar-benar membedakan dari mana stimulus yang menyenangkan itu berasal.