Detail

Mengakibatkan Dehidrasi, Minuman Ini Harus Dihindari Selama Bulan Ramadhan

Jumat, 30 April, 2021, 22:01 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Selama bulan Ramadhan, memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sangat penting untuk dilakukan agar saat berpuasa tubuh tetap berenergi dan tidak lemas ataupun terhindar dari dehidrasi.

Demi menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi selama berpuasa, kita harus memperhatikan kualitas asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka puasa.

Dilansir dari beberapa sumber, Saat puasa Ramadan, tubuh manusia akan kekurangan cairan. Padahal lebih dari setengah tubuh manusia ini (60-70 persennya) terbuat dari air. Pengurangan asupan air tentu bisa mempengaruhi sel dan saraf tubuh untuk bisa berfungsi secara optimal.

Alih-alih menjaga tubuh terhidrasi dan cukup cairan, yang ada malah membuat cairan tubuh cepat hilang dan ujungnya membuat tubuh lemas, susah konsentrasi dan tidak bisa beraktivitas dengan produktif.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (30/4/2021), berikut ini sejumlah minuman yang perlu dihindari ketika sahur dan buka puasa.

1. Minuman Manis

Minuman manis seperti jus buah dalam kemasan mengandung kadar gula yang tinggi tidak disarankan sebagai minuman untuk sahur. Kandungan gula yang tinggi dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam darah, tapi cepat pula menurunkannya kembali.

2.Minuman Soda
Minuman yang mengandung soda tidak dianjurkan sebagai minuman untuk sahur. Apalagi jika mengonsumsinya buka puasa saat perut kosong. Kondisi ini dapat menimbulkan iritasi lambung, terutama bagi Anda yang memiliki sakit maag

3.Teh
Teh memiliki kandungan kafein di dalamnya. Walaupun tidak setinggi kandungan kafein pada kopi, namun tetap saja bagi kamu yang memiliki sakit maag, tidak dianjurkan untuk langsung minum teh untuk buka puasa. Soalnya, kandungan kafein pada teh bisa menyebabkan iritasi dan nyeri lambung.

4.Kopi
Senada dengan teh, kandungan kafein tinggi pada kopi juga sebaiknya dihindari saat sahur dan buka puasa. Kopi juga bersifat diuretik sehingga menyebabkan sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh mudah kehilangan cairan.

5.Minuman Dingin
Sebaiknya tidak mengonsumsi minuman dingin saat sahur dan buka puasa. Konsumsi minuman dingin dapat mengganggu tenggorokan, dalam keadaan perut kosong juga dapat membuat lambung berkontraksi dan menimbulkan sakit perut.

6.Air jeruk
Minuman dengan rasa asam dan manis ini juga perlu dihindari saat sahur dan buka puasa. Air jeruk berisiko meningkatkan asam lambung sehingga membuat puasa jadi tidak nyaman, terlebih jika Anda memiliki riwayat sakit maag.

Laporan: Irfan Kurniawan