Detail

5 Buah Yang Cocok Untuk Dikonsumsi Selama Bulan Puasa

Friday, 30 April, 2021, 19:02 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Sahur adalah hal yang penting dilakukan untuk mengawali ibadah puasa Ramadhan. Melewatkan sahur sama seperti melewatkan kesempatan mengisi bekal energi untuk modal berpuasa.

Guna mendukung hal tersebut, santap sahur sebaiknya diisi dengan aktivitas mengonsumsi makanan bergizi, termasuk buah dan sayur.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran baik dilakukan karena bahan makanan ini terbukti mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh.

Namun, buah dan sayur yang dikonsumsi setidaknya harus memiliki kandungan kalori yang kaya nutrisi. Sehingga mampu menunda lapar. Buah-buahan dan sayuran juga tinggi kandungan air yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama pada tubuh.

Dan juga Hindari konsumsi buah yang sudah dijus ketika sahur. Buah yang sudah dijus bisa menghilangkan serat buah dan membuat penyerapan gula menjadi lebih cepat. Padahal, tubuh membutuhkan proses penyerapan berjalan perlahan. Tujuannya agar kadar gula dalam darah bisa bertahan lebih lama.

Dilansir dari Eating Well, Jumat (30/4/2021), berikut lima buah dan sayuran memberikan rasa kenyang lebih lama pada tubuh menurut ahli gizi.

1. Apel

Apel merupakan sumber serat yang sangat baik, karena 80 persen kandungan apel berasal dari serat larut, disebut dengan pektin. Pektin adalah serat kental yang membentuk zat seperti gel saat dikonsumsi dalam tubuh kita.

Apel juga mengandung 85 persen air. Selain air, ketika mengonsumsi apel, mulut diberikan sensasi renyah. Hal ini memperlama proses makan dan membuat tubuh merasa lebih puas mengunyah.

2. Pisang
Pisang memiliki kandungan serat tinggi dam mudah dibawa kemana-mana. Satu buah pisang sedang, rata-rata mengandung sekitar 3 gram serat. Agar lebih mengenyangkan, pilihlah pisang yang mengandung banyak serat.

“Kuncinya adalah memilih pisang yang belum terlalu matang, pisang ini mengandung banyak pati resisten (serat,” kata Ahli Gizi di Arizona, Gillean Barkyoumb, RDN. Pati berfungsi sebagai prebiotik yang bermanfaat bagi usus.

3. Wortel
Dalam satu porsi wortel atau sekitar setengah mangkuk, mengandung kira-kira 4 gram serat dan hanya 50 kalori. Wortel juga memberikan rasa manis tanpa kandungan gula yang tinggi. Selain itu, wortel juga memberikan sensasi renyah saat mengunyah.

Tekstur wortel yang renyah, ternyata mampu memperlambat lama makan dan memberikan rasa kenyang lebih. Hal ini jadi pilihan pengganti sehat, bagi Anda yang senang mengonsumsi camilan keripik kentang dan sejenisnya.

4. Buah Pir
Temuan baru, buah pir bisa melindungi usus dari infeksi bakteri. Satu buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat makanan.

Ahli Gizi di Brooklyn, Maya Feller, RD, mengatakan dari 4 gram serat yang terkandung dalam pir, setengah diantaranya adalah serat kental. Serat kental merupakan bagian dari serat larut yang membentuk gel kental saat dicampur dengan air.

“Kandungan air yang tinggi dalam buah, berkaitan dengan serat kental yang memungkinkan mengisi perut lebih besar dan menghasilkan rasa kenyang yang lebih baik, kata Maya.

5. Alpukat
Alpukat, sarat akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan mengandung serat dalam berjumlah besar. Setiap 7 gram alpukat, dapat menyumbang seperempat kebutuhan serat harian rata-rata. Sehingga alpukat menjadi salah satu pilihan buah paling mengenyangkan.

Laporan: Irfan Kurniawan