Detail

Covid-19 Kembali Melonjak, Tingkatkan Imun Tubuh Dengan Mengkonsumsi 6 Rempah-Rempah Berikut

Jumat, 9 Juli, 2021, 13:30 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Imunitas tubuh merupakan bagian penting dalam kesehatan diri kita. Sistem kekebalan tubuh sendiri sebagai tameng untuk mempertahankan diri dari semua gangguan penyakit yang dapat mengancam.

Ancaman infeksi penyakit yang disebabkan virus dan bakteri bisa hadir setiap saat. Apalagi dengan mewabahnya virus Covid-19, membuat imun tubuh merupakan hal utama yang harus dijaga.

Memberi asupan tubuh dengan makanan tertentu merupakan langkah yang tepat untuk bantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Salah satu jenis makanan yang dapat dipercaya menjaga daya tahan tubuh adalah rempah-rempah. Pasalnya, rempah-rempah mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti dilansir dari beberapa laman, berikut 6 rempah-rempah yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda.

1.Jahe
Jahe biasa digunakan untuk obat pereda batuk dan pilek. Selain itu, bermanfaat menambah kekebalan tubuh dan melawan mikroorganisme jahat, sehingga membuat badan menjadi hangat serta terjaga kesehatannya.

2.Kayu Manis
Bumbu aromatik terkenal kaya akan antioksidan. Kemudian memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur yang bantu mengurangi kemungkinan penyakit pernapasan.

Rempah-rempah ini memiliki sifat prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dan membantu menekan pertumbuhan bakteri patogen, ini menguntungkan untuk kesehatan usus Anda juga.

3.Kunyit
Kunyit dikenal karena kekuatan penyembuhannya. Kunyit mengandung lipopolisakarida, zat dengan sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang membantu merangsang sistem kekebalan tubuh manusia dan meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh.

4.Cengkeh
Cengkeh adalah bahan rempah-rempah alami yang memiliki kemampuan luar biasa. Cengkih biasa digunakan dalam pengobatan herbal dan bekerja dengan baik melindungi tubuh dari infeksi.

Sebuah studi telah menemukan bahwa senyawa dalam cengkih mungkin memiliki manfaat lain, termasuk mendukung kesehatan hati dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

5.Kencur
Kencur memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tanaman kencur memiliki kandungan minyak atsiri seperti borneol, kamfer, sineol, etilalkohol yang membantu mengatasi radang tenggorokan, menghilangkan lendir yang menyumbat hidung, sekaligus untuk menghangatkan badan.

6.Lada Hitam
Rempah-rempah lada hitam memiliki sifat antimikroba untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, lada hitam membantu detoksifikasi tubuh dan dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal karena sebagai efek pembersihan pada perut dan usus.

Antibakteri dalam kencur mampu mencegah masalah pencernaan, pernapasan, dan gangguan organ lainnya. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Kencur akan mudah ditemukan dan dikonsumsi. Salah satu produk kencur yang sangat populer adalah jamu beras kencur.

Laporan: Irfan Kurniawan