Minggu, 29 Nov 2020 | WIB

Dikabarkan Meninggal, Kim Jong Un Muncul di Publik Resmikan Pabrik Pupuk

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 02 Mei 2020, 5:47 WIB
MCMNEWS.ID | Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID –  Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un akhirnya tampil di depan publik untuk pertama kalinya setelah tiga minggu menghilang menyusul spekulasi kesehatannya yang memburuk.

Laporan kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) Kim hadir dalam seromoni upacara pembukaan pabrik pada Jumat (1/5/2020). “Dalam acara itu, Kim tampak memotong pita dan semua yang hadir memberikan tepuk tangan dan bersorak ‘hore!’,” kata KCNA.

Kim juga memeriksa fasilitas pabrik yang diresmikannya dan diberi pengarahan tentang proses produksi.

Kim dengan penuh emosi mengatakan bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il akan senang jika mengetahui bahwa pabrik pupuk fosfat modern ini telah dibangun.

Kim Jong-un mengakui kalau perusahan pupuk itu bermanfaat untuk Korea Utara. Dalam mana, perusahan itu bisa menjadi kontribusi dalam industri kimian produksi makanan di Korea Utara.

Dalam peresmian pabrik pupuk tersebut Kim Jong Un ditemani oleh beberapa staf senior dari Korea Utara, termasuk saudarinya, Kim Yo Jong (daily Mail 2/4/2020). Nama Kim Yo Jong ikut naik ke permukaan saat spekulasi tentang kondisi Kim Jong Un mencuat ke permukaan. Kim Yo Jong dinilai oleh beberapa pihak sebagai figur yang pantas menggantikan Kim Jong Un.

Kemunculan Kim Jong-un di depan publik sekiranya mengubur spekulasi yang beredar pada beberapa hari ini. Pada titik ini pula, tetangga Korea Utara, Korea Selatan benar saat mengatakan kalau Kim Jong-un dalam kondisi baik dan sehat.

Hal ini disampaikan oleh penasihat presiden Korea Selatan, Moon Jae-in yang mengatakan pada pekan lalu kalau Kim Jong-un dalam kondisi yang baik dan sehat. Pernyataan ini ingin membantah berbagai spekulasi kalau Kim Jong-un tidak dalam kondisi baik.

Kabar menghilangnya Kim dari publik sebenarnya bukan pertama kali terjadi. Pada 2014 lalu, ia juga sempat menghilang dari pemberitaan media dan publik selama hampir enam minggu hingga kemudian muncul dengan menggunakan tongkat.

Beberapa hari kemudian, agen mata-mata Korea Selatan mengatakan jika Kim baru sembuh usai menjalani operasi pengangkatan kista di pergelangan kakinya.

back-to-top