Detail

Amerika Serikat Bakal Tarik 4.000 Tentara dari Afghanistan

Senin, 16 Desember, 2019, 13:34 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID | Dikutip dari 3 Sumber pejabat AS melaporkan Washington berniat memulangkan 4.000 tentara dari Afghanistan.

Pentagon disebut menempatkan sekitar 13.000 personel, dengan jumlahnya mengalami pertambahan karena faktor rotasi pasukan. Dua dari tiga sumber mengungkapkan, ada pasukan yang bakal ditempatkan lebih awal.

Tapi ada juga yang tidak akan diganti begitu misi mereka selesai. November lalu, Presiden Donald Trump mengatakan dia ingin mengurangi keberadaan pasukan di Afghanistan hingga 8.600.

Sementara CNN memberitakan, pemerintahan Trump bakal mengumumkan keputusan itu pekan ini, dikutip AFP Minggu (15/12/2019).

BACA JUGA :

Negara Selandhttia Baru Heningkan Cipta untuk 16 Korban Letusan Gunung Api

Juru bicara pasukan AS di Afghanistan mengatakan, mereka masih belum menerima perintah dari Washington soal pengurangan itu. “Kami masih berkomitmen penuh memastikan Afghanistan tak jadi persembunyian teroris yang mengancam AS maupun sekutunya,” ujar si juru bicara.

Berdasarkan rancangan kesepakatan yang disetujui September lalu, Pentagon sepakat untuk memulangkan pasukannya.

Sebagai gantinya, Taliban diharuskan mengurangi kekerasan, setuju bernegosiasi dengan Kabul, dan menjamin keamanan tertentu.

Trump sudah menekankan perlunya gencatan senjata ketika pada awal Desember, dia melakukan kunjungan dadakan ke Pangkalan Bagram. Di sana, presiden berusia 73 tahun itu merayakan Thanksgiving, dan bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. Jika memungkinkan, presiden asal Partai Republik itu menghendaki pengurangan keterlibatan militer AS di negara lain.


Airin Rachmi Diany Anies Baswedan Azizah-Ruhama Azizah-Ruhamaben Bacalon Walikota dan wakil walikota tangerang selatan Bantuan Sosial Bawaslu Tangsel Benyamin – Pilar Benyamin Davnie DPRD Tangsel Drs. H Muhammad Gerindra Tangsel Jokowi Joko Widodo KPU TANGSEL Li Claudia Chandra Maya Mardiana mcm Mcmnews Muhamad-Rahayu Muhamad-Sara Muhamad-Saras Muhamad-Saraswati Partai Gerindra Pasien positif corona Pembatasan Sosial Berskala Berat Pembatasan Sosial Berskala Besar Pemkot Tangsel Pilkada 2020 Pilkada saat pandemi Pilkada Tangerang Selatan 2020 Pilkada Tangsel Pilwakot Tangsel 2020 Pilwalkot Tangsel 2020 Presiden Jokowi PSBB Rahayu Saraswati Saraswati Siti Nur Azizah Tangerang Selatan Tangsel TPA Cipeucang Virus Covid-19 Wabah virus corona Walikota Tangsel