Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

Terbongkar ! Lapas Mojokerto Gagalkan Penyelundupan Ratusan Pil Koplo Di Dalam Sayur

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 12 Januari 2020, 20:24 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok : Ilustrasi)

MCMNEWS.ID – Lapas kelas IIB Mojokerto berhasil gagalkan masuknya 400 butir Pil dobel L yang terdapat di dalam sayur lodeh.

Seorang wanita berinisial N (49) mencoba menyelundupkan 400 butir pil koplo ke Lapas Klas IIB Mojokerto. Ratusan pil dobel L yang ditujukan kepada salah seorang narapidana itu diselundupkan menggunakan sayur lodeh.

Kepala Keamanan Lapas Mojokerto Disri Wulan Agus Tomo mengatakan, penyelundupan ratusan pil dobel L itu digagalkan pada Sabtu (11/1). Menurut dia, saat itu ada seorang wanita yang mengirim sayur lodeh kepada napi kasus narkoba berinisial KA (23), asal Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Wanita ini menitipkan sayur lodeh yang dibungkus dengan dua kantong plastik bening kepada petugas lapas sekitar pukul 09.30 WIB. Setelahnya, wanita tersebut meninggalkan lapas yang berada di Jalan Taman Siswa, Kota Mojokerto.

“Kami menemukannya saat menggeledah dan memeriksa barang -barang yang dikirim oleh pengunjung bagi salah satu narapidana di dalam lapas,” ungkap Disri Wulan Agus , Kepala Pengamanan Lapas Mojokerto, Minggu (12/01/2020)

Ratusan pil dobel L tersebut diamankan pada Sabtu (11/1), saat Disri bersama reken- rekan pengamanan memeriksa barang – barang dari pengujung, sebelum diserahkan kepada narapida yang terkait.

“Karena ini merupakan pelaksanaan SOP untuk mencegahnya masuknya barang – barang terlarang dan berbahaya ke dalam lapas,” tegas Disri.

Ratusan pil dobel L itu, kata Agus, diselundupkan N untuk napi berinisial KA. Napi kasus narkoba ini baru sekitar satu tahun menjalani hukuman dari total 5 tahun 3 bulan penjara.

,”Napi tersebut kami interogasi. Dia mengakui pil dobel L itu milik dia,” beber dia.

Akibat perbuatannya, kini KA harus mendekam di sel isolasi paling singkat 12 hari. Selain itu, ulahnya kali ini dicatat dalam buku register pelanggaran. Sehingga dia terancam tidak mendapatkan hak remisi dan asimilasi selama satu tahun ke depan.

“Selanjutnya barang bukti pil dobel L kami serahkan ke Polres Mojokerto Kota,” lanjut Agus.

Kasat Narkoba Polres Mojokerto Kota AKP Redik Tribawanto membenarkan telah mendapat pelimpahan barang bukti 400 pil dobel L dari Lapas Mojokerto. Saat ini pihaknya masih memburu N, wanita yang menyelundupkan obat berbahaya itu ke dalam lapas.

“Wanita yang mengirim itu memang benar tinggal di alamat yang tertera di foto kopi KTP. Namun, kami cari ke sana yang bersangkutan belum pulang,” pungkasnya.

Sementara itu Tedjo Herwanto, Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas mengapresiasi kinerja jajaran keamanannya yang berhasil menghambat masuknya Pil Koplo jenis double L tersebut.

“Itulah bagian dari tantangan yang dihadapi jajaran pengamanan kami. Begitu banyak modus untuk memasukkan barang terlarang, khususnya Narkoba dalam Lapas, semakin bervariasi dan berkembang. Dan sekarang modus yang digunakan adalah memasukkan Pil double L ke dalam tahu, yang mungkin tidak terfikirkan oleh banyak orang bagaimana barang tersebut dapat ada didalam tahu,” tandasnya.

(Zulkifli S)

back-to-top