Detail

Polisi Gadungan Lakukan Penggelapan Mobil Mewah Diciduk Polres Tangsel

Kamis, 7 Oktober, 2021, 9:58 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID   –   Polisi menangkap tersangka penggelapan mobil dengan mengaku sebagai anggota polisi berpangkat AKBP. Barang bukti sebanyak 7 unit mobil diamankan.

“Pada saat diamankan pelaku di tempatnya ditemukan ada seragam dinas Polri pangkat AKBP,” ujar Kepala Polres Tangerang Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi Iman Imanuddin, Rabu (06/10/2021).

Menurut  Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin, Rabu (6/10/2021), penangkapan terhadap AIP (25) itu berawal dari laporan pemilik Showroom RM di Jalan Pajajaran Pacuan Kuda No.6, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, bahwa 4 mobil yang dibeli oleh tersangka belum dibayar.

Bahkan, kata Kapolres, setelah ditelusuri, mobil tersebut oleh tersangka dijual kepada orang lain (S). Mendapat laporan itu, tambah Kapolres, petugas melakukan penyelidikan, sehingga pelaku yang saat itu sedang bersama 4 orang teman wanitanya dan 6 orang pria di lokasi Wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah diciduk dan digelandang ke Polres Tangsel untuk diperiksa.

“Saat ditangkap,  tersangka sedang berada di tempat wisata Guci, Jawa Tengah dengan barang bukti 3 unit mobil jenis Toyota Alphard,” kata Kapolres.

Menurut Iman, modus pelaku mengaku sebagai anggota Polri adalah untuk menarik simpati orang lain. Motifnya untuk mendapatkan keuntungan dari aksi tipu-tipunya.

Dari tujuh unit mobil yang disita, tiga diantaranya adalah mobil mewah jenis Alphard.

Iman menjelaskan, AIP mendapatkan mobil dengan berpura-pura ingin membeli dari showroom di Kota Tangerang Selatan. Akan tetapi, yang bersangkutan tidak membayar dan mengaku anggota Polri.

Tersangka juga merental mobil tapi kembali tidak melakukan pembayaran. Dia melakukan itu juga dengan mengaku sebagai anggota Polri.

“Yang bersangkutan mengaku polisi berpangkat AKBP bertugas di Polda Metro Jaya,” kata Iman.

Mobil-mobil itu rencananya akan dijual ke Jawa Tengah. Itu diketahui saat polisi mengamankan 4 minibus dan 3 Alphard kala menangkap tersangka di Jawa Tengah.

Iman menuturkan Satuan Reskrim Polres Tangerang Selatan tengah melakukan penyidikan. Tersangka dijerat pasal 372 dan 378 dengan ancaman 4 tahun penjara.

“Kendaraan yang sudah diamankan sudah dikembalikan kepada pemilik dan sebagian menjadi barang bukti sebagai proses penyidikan yang dijalankan,” ungkapnya.