Detail

Harus Ada Regulasi Merinci dan Detail, Pemerintah Harus Serius Perangi Isu Hoaks di Sosial Media

Saturday, 14 August, 2021, 22:35 WIB
Penulis: Muh Ari

Anggota DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah menyampaikan bahwa Indonesia telah memasuki era 4.O, yaitu dimana berkembangnya era digital sangat cepat. Informasi beredar sangat cepat yang membuat isu hoaks mudah tersebar.

Untuk dirinya berharap pemerintah punya cara khusus yang serius bergotong royong bersama dalam menghadapi dampak negatif dari berkembangnya digitalisasi.

“Pemerintah harus mempunyai program program yang sesuai dalam berdaptasi di era digital. Isu hoaks yang menjadi inti permasalahan yang sedang di uruskan oleh pemerintah saat ini, ini menjadi masalah baru di seluruh negara Indonesia,” ujarnya dalam diskusi yang digagas BAKTI Kominfo bertemakan “Interaksi dan Kolaborasi di Ruang Digital Sesuai Etika”, Sabtu (14/08/2021).

Hal ini diamine oleh Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum, Henri Subiakto menyebut saat ini media sosial  memiliki banyak masalah.

Guru Besar Komunikasi UNAIR menyatakan bahwa sudah saatnya memperkuat sumber daya manusianya dan juga menciptakan regulasi. Selain undang-undang ITE, juga ada sekarang rancangan undang-undang perlindungan data pribadi dan peraturan-peraturan lain.  

“Di era digital memunculkan atau yang dinamakan post-truth yaitu kebenaran semua atau semua seakan-akan benar,” kata Henri.

“Dan juga menciptakan regulasi untuk menata infrastruktur ataupun menata kehidupan di masa depan, yang terkait dengan digital ada undang-undang ITE,” katanya lagi.

Ia menyebutkan salah satu contoh regulasi yang saat ini masih digodok pemerintah dan DPR yaitu rancangan undang-undang perlindungan data pribadi dan peraturan-peraturan lain.

“Walaupun pembangunan infrastruktur belum selesai tapi sekarang pengguna internet di Indonesia sudah 202,6 juta pada penduduk di sekitar 275 juta pengguna internetnya sudah mendekati 74 persen,” katanya.