Detail

Saatnya Updgrade Diri dengan Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Pemulihan Ekonomi

Rabu, 24 November, 2021, 21:23 WIB
Penulis: Muh Ari

Tranformasi digital jadi solusi tingkatkan kembali perekonomian di masa pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi 1 DPR RI, Rizki Sadiq. Dirinya menyarankan agar masyarakat meningkatkan kemampuannya memanfaatkan teknologi digital untuk lepas dari krisis pandemi.

Situasi hari ini, di mana semua interaksi sosial kita sudah dilakukan dengan menggunakan hubungan perkembangan teknologi. Masyarakat harus lebih beradaptasi terhadap kemajuan teknologi. Harus saling memberi pemahahaman dengan membantu orang yang masih belum terlalu paham dengan teknologi,” ujarnya dalam diskusi live streaming dengan tema “Transformasi Digital Jadi Solusi Tingkatkan Kembali Perekonomian Di Masa Pandemi Covid-19”.

Menurunya, peran digital harus dimanfaatkan maksimal, dan jangan terjebak dalam hal negative seperti termakan berita hoaks.

“Dunia digital harus dimanfaatkan untuk hal produktif, dan jangan sampai terpengaruh dengan orang yang menyebarkan kebencian, ada orang yang ingin melakukan cyber bullying, ada orang yang beragam tetapi penuh dengan Kepalsuan atau tipuan belum lagi dengan pinjaman-pinjaman online yang saat ini sedang sangat marak,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, dosen Universitas Esa Unggul, Gun Gun Siswadi menjelaskan bahwa dari total 202,6 juta orang atau ada sekitar 73,7% penduduk Indonesia yang sudah terkoneksi dengan internet. Sehingga tantangannya adalah harus bisa memanfaatkan teknologi canggih dan baik untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Kalau kita bedah lebih dalam lagi ya kita elaborasi lebih ada sekitar 170 juta orang itu adalah menggunakan atau sekitar 61,8% dari 202,6 juta orang itu 70 jutanya dalam menggunakan media sosial. Yang perlu kita dorong ya supaya dari pengguna media sosial yang ada 170 juta orang ini bisa menghasilkan hal-hal yang bermanfaat, sehingga sosial media ini bisa kita gunakan untuk meningkatkan pendapatan kita,” jelasnya.

Menurutnya, para pelaku usaha sudah harus mampu bertranformasi kea rah digital untuk mengembangkan usahannya.

“Transformasi dari wirausaha konvensional menjadi wirausaha ini saya kira yang harus kita dorong kita pelajari bersama seperti apa ya dilakukan ini ada beberapa manfaat dan keuntungan kalau kita berbisnis atau berwirausaha tidak membutuhkan toko tempat usaha kita tidak perlu sewa tempat perlu membayar. Dengan menggunakan internet bisa berjualan di rumah ya, demi yang mengharuskan kita di rumah tapi aktivitas jual-beli aktivitas berjualan bisa dilakukan karena kita menggunakan teknologi internet.”