Detail

Pemkot Tangsel Lakukan Kajian Kemungkinan Gandeng Bank Banten Dalam Pengelolaan Kas Daerah

Tuesday, 24 August, 2021, 19:07 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie, menyebut, hingga kini Pemkot Tangsel tengah melakukan kajian terkait kemungkinan menggandeng Bank Banten dalam pengelolaan Kas Daerah.

Benyamin mengatakan, kajian tersebut merupakan tindaklanjut dari pertemuan yang dilakukan oleh Pemkot Tangsel dengan manajemen baru Bank Banten beberapa waktu lalu.

“Mereka memperkenalkan (manajemen baru) Bank Banten. Nanti kita lihat perkembangannya seperti apa. Saya belum bisa menilai, saya belum dapat informasi terulisnya, tapi informasi yang beredar (Bank Banten) sudah menunjukan data yang baik,” kata Benyamin kepada Mcmnews.id, di Balaikota Tangsel, Selasa, (24/8/2021).

“Saya masih melakukan kajian, untuk hal tersebut (menggandeng Bank Banten, red) keputusannya tidak bisa sembarangan,” lanjut Benyamin.

Dilokasi yang sama, Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, Pemkot Tangsel membuka kemungkinan bekerjasama dengan semua perbankan.

Hanya saja, lanjut Pilar, kerjasama tersebut harus menguntungkan masyarakat dan Pemerintah Kota Tangsel.

“Mereka kan menawarkan, bisa bekerjasama dalam banyak hal, termasuk salah-satunya adalah saham di Bank Banten, lalu juga (pengelolaan) kas daerah,” tutur Pilar.

“Kita selalu terbuka kepada siapapun perbankan yang mengajukan. Tapi balik lagi, mana yang lebih memiliki nilai keuntungan bagi masyarakat dan Pemkot Tangsel,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, manajemen Baru Bank Banten telah melalukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel.

Tak hanya itu, manajemen Bank Banten juga telah melakukan pertemuan dengan Perwakilan Komisi II dan Ketua DPRD Kota Tangsel.

Direktur Utama Bank Banten, Agus Syabarrudin, setelah pertemuan tersebut berharap DPRD Kota Tangsel mendukung upaya pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Tangsel ke Bank Banten.

“Upaya memajukan Bank Banten saya harap mendapat dukungan dari semua putra daerah terbaik Banten. Karena itu saya memohon bantuan Pak Abdul Rasyid, Pak Muhamad Azis dan Pak Wawan Syakir Darmawan agar berkenan mengakselerasi pemindahan RKUD ke Bank Banten,” kata Agus kepada Mcmnews.id beberapa waktu lalu, Kamis, (5/8/2021).

Agus menyatakan, dengan transformasi yang telah dilakukan, Bank Banten siap mengelola kas daerah Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten.

“Dengan transformasi yang sudah dilakukan, Bank Banten sendiri sudah menyatakan siap untuk bisa menjadi bank pengelola kas daerah kab/kota di Provinsi Banten, termasuk Tangsel,” tandasnya.

Seperti diketahui, berbagai langkah strategis untuk melakukan transformasi digital terus dilakukan oleh perseroan untuk menghadirkan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dengan demikian Bank Banten bisa meraih cita-cita untuk kian meraih kepercayaan masyarakat. Hal itu sejalan dengan semangat rebuild the trust, reach the glory.