Detail

Palapa Ring Bakal Atasi Kesenjangan Digital di Indonesia

Jumat, 9 Juli, 2021, 15:59 WIB
Penulis: Muh Ari

Industri digital Indonesia sangat bergantung pada maksimalnya pembangunan infrastruktur Palapa Ring yang rencananya akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota.

“Artinya dari segi infrastruktur ini memang harus dilakukan oleh pemerintah dan ini sudah dilakukan dan diresmikan oleh Pak Joko Widodo (Jokowi), mudah-mudahan ini bisa terkoneksi semua Provinsi semua Kabupaten di Indonesia dengan baik,” ujar Gun Gun dalam diskusi bertemakan “Pemanfaatan TIK di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” yang digagas BAKTI Kominfo, Jumat (09/07/20201).

Menurutnya dengan adanya infrastruktur yang bisa terkoneksi antar wilayah, ternyata jumlah pengguna internet berdasarkan data dari APJII sekarang mencapai sekitar kurang lebih adalah 196,71 orang. Artinya,73,7 persen masyarakat Indonesia ini sudah terkoneksi dengan internet.

“Hari ini informasi sudah menjadi kebutuhan pokok manusia, khususnya masyarakat Indonesia sudah menjadikan informasi menjadi salah satu kebutuhan pokoknya, bukan hanya tiga kebutuhan pokok masyarakat Indonesia ini yaitu sandang, pangan, papan, tetapi juga sudah bertambah salah satunya adalah informasi,” katanya.

Selama pandemi, lanjut dia, kebutuhan masyarakat untuk transaksi online meningkat. Sebab untuk memenuhi kebutuhan sudah umum dilakukan melalui online shop. Bisnis online pun juga makin ‘menjamur’.

“Beberapa manfaat untuk bisnis online yaitu tidak membutuhkan toko atau kantor besar sebagai tempat usaha, dengan menggunakan internet bisa berjualan dari rumah saja, calon konsumen tidak terbatas, bisa mencakup seluruh negara,” kata Gun Gun.

Ia mengatakan konsumen dan produsen dapat dengan mudah melakukan komunikasi secara online di internet, biaya promosi sangat murah dan dapat mempromosikan produk ke seluruh dunia dengan internet.

“Proses online lebih mudah untuk dilakukan baik untuk menjual barang ataupun membeli, pembayaran atau payment yang mudah yang dapat dilakukan secara online, penyebaran informasi yang begitu mudah untuk dilakukan,” katanya.

Menurutnya, pengusaha juga harus memahami strategi dan faktor pendukung keberhasilan usaha secara daring yang semakin digemari. Dalam berkomunikasi secara efektif di media sosial harus memberikan konten yang positif, komunikasi dua arah atau komen mendapatkan respon secara interaktif.

“Ciptakan hubungan emosional yaitu menjalin komunikasi, baik melalui postingan yang menarik maupun komentar dan pesan, lalu tumbuhkan kepercayaan produk yang Anda tawarkan ini terjamin keasliannya dan jangan ragu meminta dukungan kepada teman-teman Anda yang kebetulan juga bermain sosial media tersebut,” katanya.