Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

Mengenal Mari Elka Pangestu, Direktur Pelaksana Bank Dunia

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 11 Januari 2020, 23:43 WIB
MCMNEWS.ID | Mari Elka Pangestu, Mulai 1 Maret 2020 terpilih masuk dalam jajaran direksi World Bank. (Dok : Ilustrasi/net)

MCMNEWS.ID – Kabar membanggakan datang dari dunia ekonomi Indonesia. Beberapa hari lalu, melalui presidennya, David Malpass, Bank Dunia menunjuk Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan, dan Kemitraan Pembangunan untuk Bank Dunia. Kabar tersebut kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah ekonomi internasional dengan kembali ditunjuknya talenta Indonesia oleh Bank Dunia, yang sebelumnya menunjuk Sri Mulyani di posisi yang sama pada 2010 lalu.

Mari Elka Pangestu merupakan mantan Menteri Perdagangan Indonesia pada tahun 2004 hingga tahun 2011.

Setelahnya, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari tahun 2011 hingga Oktober tahun 2014.

Saat ini, ia terpilih sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk World Bank.

Dilansir dari berbagai sumber, MCMNEWS.ID mengumpulkan berbagai fakta tentang Mari Elka Pangestu.

1. Anak seorang ahli ekonom lulusan universitas Australia.

Mari Elka Pangestu adalah anak dari seorang ekonom terkenal Indonesia, Prof. Dr. Jusuf Pang Lay Kim atau J. Panglaykim atau J.E. Pangestu. Dengan ayah yang berprofesi seorang ekonom internasional, tak heran jika Mari hidup di luar negeri sejak kecil. Bahkan sejak umur 9 tahun, wanita kelahiran Jakarta ini telah hidup di Australia hingga mendapat gelar sarjana dan magister di Australian National University dan Doktor Ekonomi di Universitas California.

2. Terlibat dalam berbagai forum nasional hingga global

Begitu lulus dari kuliahnya, wanita kelahiran 23 Oktober 1956 ini terlibat aktif di berbagai forum nasional maupun internasional. Mari Elka adalah salah satu anggota pimpinan Centre of Strategic and International Studies (CSIS), Senior Fellow di Sekolah Tinggi Urutan Internasional dan Publik Columbia, assisten profesor di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew dan Sekolah Kebijakan Publik Crawford, Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia, hingga Anggota Dewan Biro Penelitian Ekonomi Indonesia (IBER).

3. Pernah menjabat Menteri Perdagangan hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di era SBY

Tak hanya berperan aktif di berbagai forum dan organisasi, Mari Elka juga aktif dalam pemerintahan Republik Indonesia. Pada 1 Oktober 2008, Mari pernah ditunjuk sebagai menteri sementara di Kementerian Negara Koperasi dan UKM Indonesia hingga 20 Oktober 2009. Pada Kabinet Bersatu Jilid I, masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mari ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dan pada Kabinet Bersatu Jilid II, ia menempati posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

4. Direktur pelaksana Bank Dunia ke-2 dari Indonesia

Selepas menjabat sebagi menteri, Mari Elka memberikan kontribusi di dunia perekonomian nasional maupun global, mulai dari menjadi Dewan Pimpinan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB hingga dewan eksekutif dari Kamar Dagang Internasional (ICC). Bahkan, Pada 9 Januari 2020, Presiden Bank Dunia, David Malpass, menunjuk Mari Elka menjadi Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia yang akan dimulai pada 1 Maret 2020 mendatang.

Kontribusi Mari Elka Pangestu di dunia ekonomi Indonesia begitu besar dengan tak hanya menjadi seorang akademisi tetapi juga sebagai seorang menteri.

Mari akan mulai aktif bekerja di Washington pada 3 Maret 2020.

Nantinya, Mari akan memimpin dan memantau kinerja program Bank Dunia, yakni Global Practice Group.

back-to-top