Detail

Memiliki Segudang Pengalaman, Agus Syabarrudin Optimis Bawa Bank Banten Menjadi Jawara

Selasa, 8 Juni, 2021, 16:48 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Mantan Direktur Utama (Dirut) Bank Kalimantan Selatan (Kalsel), Agus Syabarrudin, beberapa waktu lalu resmi ditunjuk menjadi Dirut PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk atau Bank Banten.

Bankir profesional kelahiran 31 Agustus 1966 itupun resmi menjabat Dirut Bank Banten menggantikan Dirut sebelumnya Fahmi Bagus Mahesa.

Pria yang berhasil membawa Bank Kalsel ‘Growing in The Crisis‘ itupun bertekad membawa Bank Banten menjadi Bank Jawara dan kembali meraih kejayaan.

Saat dirinya ditarik menjadi Dirut Bank kebanggaan masyarakat Banten, Bank Banten sedang ditetapkan sebagai Bank Dalam Pengawasan Khusus (BDPK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kepada MCMNEWS, Agus Syabarrudin mengisahkan perjalanan karirnya di dunia perbankan.

Agus Syabarrudin memulai karir di dunia perbankan pada tahun 1991 dengan menduduki jabatan sebagai Bills and Operations di DBS Buana Tat Lee Indonesia. Agus sendiri mengaku banyak mendapatkan pelajaran tentang aktivitas perbankan internasional.

“Dari situ saya belajar banyak tentang internasional banking activity, karena saya menjabat sebagai operasional pada saat itu,” kata Agus kepada Mcmnews.id, Senin malam (7/6/2021).

Setelah 3 tahun berkarir di DBS Buana Tat Lee Indonesia, Agus direkrut menjadi Financial Control Supervisor ABN AMRO Bank NV Jakarta Branch pada tahun 1994-1997.

Agus mengatakan, pada saat itu AMRO Bank mengembangkan usaha digital market di pasar modal. Dirinya dipercaya mengisi posisi Head of Business Development ABN AMRO Asset Management Indonesia pada 1997–2004.

“Jadi saya waktu itu di Business Development mengembangkan Reksadana, saya sempat sukses di Agen AMRO assesment management itu bekerja sama dengan Bank BRI, pada saat Dirutnya pak Rujito menerbitkan reksadana berinvestama,” tutur Agus.

“Saya sukses pada saat itu Agen AMRO Management bisa tembus hingga 2 Triliun penjualannya,” tambahnya.

Selain itu, Agus juga pernah menjadi Kepala Divisi Pengembangan Produk & Service Quality di PT.Bank Syariah Mandiri pada 2004–2006.

Agus menceritakan, kala itu, ketertarikan dirinya pada dunia perbankan Syariah disambut baik oleh Nurdin Hasibuan yang pada saat itu menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri.

“Saya diminta oleh beliau mengembangkan konsep islamic bankink. Saya punya konsep yaitu Bank Syariah Mandiri harus siap masuk ke semua segmen market yang memang diminati oleh para nasabah,”

Dua tahun di Bank Syariah Mandiri, Agus mendapat amanah sebagai President Unit Usaha Syariah pada PT. Bank Danamon Indonesia Tbk periode 2006 – 2014. Kemudian periode 2014 – 2017, Agus Syabarrudin dipercaya menjadi Komisioner di PT Andalan Mitra Cakrawala. Selain itu, di tahun yang sama Agus juga dipercaya sebagai Senior Advisor-Mitra Wali Amanah pada Kemitraan Bumi Dipa yang mengelola Koperasi Petambak Bumi Dipasena KPBD.

Selanjutnya pada 2017 – Juli 2018, Agus menjabat sebagai Kepala Eksekutif Bisnis Syariah Bank Kalsel. Di periode Juli 2018 – Desember 2018, Agus berstatus Senior Executive Vice President Bank Kalsel dengan membawahi dua divisi dan satu unit kerja setingkat divisi yaitu jaringan dan pelayanan cabang unit usaha syariah dan pengelola risiko kredit.

Saat ini, Agus Syabarrudin dipercaya mengisi jabatan Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk atau Bank Banten. Bersama Dewan Komisaris dan Dewan Direksi, Agus dikukuhkan langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Pengukuhan Direksi dan Dewan Komisaris Bank Banten ini merupakan tindak lanjut atas Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 26 April 2021.