Detail

DPR Harap Indonesia Segera Merdeka Sinyal sampai Ujung Pelosok

Friday, 13 August, 2021, 17:53 WIB
Penulis: Muh Ari

Anggota Komisi I DPR-RI, Yuliandre Darwis menegaskan bahwa visi dari pemerintah yang menargetkan masyarakat untuk merdeka sinyal se-Indonesia segera teralisasi, terlebih hal ini adalah program kerja dari Presiden Joko Widodo.

“Saat ini merdeka sinyal belum terealisasi, terutama untuk wilayah ujung perbatasan, Ujung wilayah ini memang banyak saudara-saudara kita yang masih sangat memprihatinkan,” ujar Rizki Aulia dalam diskusi BAKTI Kominfo yang bertemakan “Digitalisasi UMKM untuk Mengembangkan Brand Lokal Berbasis Ekonomi Kreatif, Jumat (13/09/2021).

Rizki Aulia mengatakan pihaknya bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus memastikan kesiagaan infrastruktur digital, salah satunya soal sinyal.

“Untuk daerah yang dekat dari Jakarta, seperti Pandeglang, masih ada beberapa Desa, kalau di sana setengah Kabupaten mungkin gelap semua sinyalnya kita dukung demi kepentingan nasional, saya yakin masyarakat Pandeglang,” ujarnya lagi.

Menurutnya, adanya akses sinyal akan membuka pekerjaan baru, juga membuka peluang uasaha, seperti informasi pariwisata. Untuk program merdeka sinyal ini sudah seharusnya segera terealisasi.

“Ini harus diselesaikan. Kenapa? Karena ini akan membuka akses ke petani-petani kita, para pekerja, banyak sekali turis atau wisatawan yang akan datang ke Kabupaten Pandeglang, harus atau wajib diselesaikan setidak-tidaknya sebelum akhir tahun 2022,” ungkap Rizki Aulia.