Detail

UMKM Jadi Pondasi Utama Pemulihan Ekonomi dari Pandemi

Rabu, 24 November, 2021, 20:54 WIB
Penulis: Muh Ari

MCM News, Jakarta – Anggota Komisi I DPR Rizki Sadig menyatakan bahwa era digital saat ini adalah momentum untuk pebisnis meningkatkan hubungan penjualan dan pembeli untuk berkomunikasi dan penjualanan yang membuat pasar baru di lapangan. Dengan ini dimasa pandemi Covid membuat pemasaran jadi tidak terhambat.

“Kita sebagai pembisnis dan dunia digital tidak boleh ketinggalan maka dari itu kita harus mengupgrade diri kita. Jangan menganggap peran digital dalam kegiatan sehari-har menjadi sebuah kendala karena jika kita belajar kita akan kenal juiga dan mengerti,” ujarnya dalam seminar “Program Pemulihan Ekonomi    Nasional (PEN) Mendukung UMKM di Masa Pandemi” yang di gelar oleh Kominfo RI.

Selain itu dirinya mengingatkan masyarakat agar memahami literasi digital. Sehingga tak asal menyebarkan informasi yang belum dipastikan kebenarannya.

“Ini tidak hanya orang-orang baik di dalamnya (interney), ada orang jahat, ada orang yang ingin memproduksi kreatifitas, ada orang yang ingin apa menyebarkan kebencian, ada orang yang ingin melakukan cyber bullying,” kata Rizki.

Pada kesempatan yang sama, Shinta Yuliasmi yang merupakan seorang Founder Hope Indonesia memaparkan bahwa peran perempuan sangat vital di era Revolusi Industri 4.0. dan Covid-19.

“Perempuan memiliki peran antara lain meningkatkan mutu pendidikan kesehatan dan ekonomi. Kami melihat bahwa perempuan juga bisa membantu meningkatkan pemulihan ekonomi nasional dalam segi ekonomi dan pendidikan,” tegasnya.