Detail

Pemberdayaan Desa, HIMAKOM FISIP UMJ Dorong Digitalisasi BUMDes Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Kamis, 14 Oktober, 2021, 16:54 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Kuripan, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut merupakan Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D) hasil kerjasama antara HIMAKOM FISIP UMJ dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ketua Pelaksana PHP2D HIMAKOM FISIP UMJ, Jodhi Hermawansyah, menjelaskan, pihaknya telah menyusun berbagai program untuk diaplikasikan di Desa Kuripan, Bogor.

Jodhi mengungkapkan, salah satu program unggulan yang akan dijalankan oleh pihaknya adalah membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbagis digital.

“Program PHP2D sangat membantu mahasiswa dalam pengembangan intelektualitas mahasiswa terhadap desa. Mahasiswa dapat mengaplikasikan pembelajaran yang sudah didapat dari pendidikannya terhadap masyarakat, sehingga dapat menumbuhkan rasa peduli kepada masyarakat desa, dan terciptanya desa yang aktif, mandiri, dan sejahtera,” kata Jodhi, kepada Mcmnews.id, dalam keterangan tertulisnya Kamis, (14/10/2021).

“Diharapkan melalui program-program yang telah kita rencanakan, mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan desa, salah satunya dengan membangun BUMDes berbasis digital,” lanjutnya.

Jodhi menuturkan, selain pemberdayaan desa, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Catur Dharma Perguruan Tinggi.

“Program PHP2D ini juga sebagai wadah untuk mengimplementasikan nilai-nilai Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, pendidikan, penelitian, dan pengabdian terhadap masyarakat” ungkap Jodhi.

Sementara itu, Dosen pendamping program PHP2D sekaligus Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, Oktaviana Purnamasari, menyampaikan, bahwa PHP2D menjadi wadah untuk memberdayakan potensi masyarakat Desa Kuripan sekaligus menjadi sarana mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi mengaplikasikan ilmunya di bangku kuliah.

“Nantinya Desa Kuripan akan menjadi Desa Binaan Universitas Muhammadiyah Jakarta sehingga keberlangsungan berbagai program akan terus berlanjut,” tandasnya.