Selasa, 14 Jul 2020 | WIB

Cabut Lockdown 3 Mei, Pemerintah Italia Umumkan Aturan Masker dan Perbanyak Tes Covid-19

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 26 April 2020, 11:23 WIB
MCMNEWS.ID | Ilustrasi warga Italia memakai masker di tempat keramaian/ EPA

MCMNEWS.ID – Pemerintah Italia berencana melakukan  pencabutan kebijakan lockdown pada 3 Mei dan akan  mengatur batas harga masker dan memperbanyak tes antibodi.

“Kami akan mengatur harga maksimal dari masker muka yang dijual di pasar,” ujar Komisioner Respons Darurat Italia Domenico Arcuri, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (25/4/2020).

Selain itu, kata dia, sesuai pernyataan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, tes serologi untuk mengetahui sistem kekebalan tubuh atau imunitas orang pun akan diperbanyak. Negara itu ingin tahu jumlah warganya yang memiliki kekebalan tubuh atas virus corona.

Tes serologi itu sudah dilakukan, di mana wilayah yang paling pertama mengerjakannya adalah kawasan Lombardi, di utara kota Milan.

Selanjutnya, kata Arcuri, sebanyak 150.000 alat tes antibodi sudah didistribusikan ke seluruh Italia yang memiliki 20 wilayah tersebut. Ia mengatakan tes serologi masif secara nasional di negara itu akan dimulai pada 4 Mei 2020 atau sehari setelah pencabutan masa lockdown.

Arcuri sendiri mengklaim alat tes serologi yang disebar itu memiliki tingkat akurasi hingga 95 persen.

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pernyataan belum ada bukti mengenai kekebalan seseorang dari virus corona, termasuk apakah seseorang yang sudah sembuh tak bisa terinfeksi lagi.

Italia telah menerapkan lockdown akibat corona sejak 9 Maret lalu atau sudah sekitar empat pekan.

Italia adalah negara dengan angka kasus Covid-19, serta kematian, tertinggi di Eropa, atau kedua di tingkat global setelah Amerika Serikat, dengan  jumlah kasus positif mencapai 192.994, dan  25.969 meninggal.

back-to-top